Selasa, 25 Februari 2014

Apa itu wawancara????? (Kintan Nurcahya Wailulu)



                Mungkin sebagain orang tidak akan asing lagi jika mendengar kata “wawancara” mungkin yang terlintas dalam fikiran mereka pertama kali ialah dimana wawancara itu suatu hal yang bersifat sangat formal dan biasanya digunakan dalam keadaan tertentu misalnya melamar suatu pekerjaan dimana pasti akan ada sesi wawancaranya.. namun kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang definisi wawancara menurut beberapa tokoh..

 

             Ivey, Ivey, & Zalaquett (2010)

 

Ø  Proses paling dasar untuk mengumpulkan informasi, penyelesaian masalah, dan informasi psikososial.

 

Morrison (2008)

 

Ø  Proses mengumpulkan informasi dari seseorang dengan memberikan pertanyaan yang akan dijawab pasien.

 

       Jadi saya bisa simpulkan dimana wawancara itu adalah proses untuk mengumpulkan informasi dari si pewawancara maupun si narasumber tersebut...  dalam segala hal pasti akan ada kelebihan dan kelemahannya begitu pula dalam wawancara.. kelemahan dalam wawancara yaitu dimana si pewawancara akan terpaku dengan pertanyaan pertanyaan yang ada dan kelebihan dari wawancara yaitu bisa langsung mengobservasi langsung.

 

       Apakah ada bedanya wawancara dengan percakapan biasa?? TENTU saja ada.. salah satu bedanya wawancara dengan percakapan biasa ialah wawancara biasanya mempunyai tema yang relevan dan spesifik sangat terstuktur jika dibandingankan dengan percakapan biasa sungguh sangatlah jauh berbeda jika percakapan biasa kita lebih berbicara tanpa mempunyai tema yang relevan dan tidak terstruktur dalam arti lain percakapan biasa biasanya akan mengalir begitu saja.

22 Feb 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar