Minggu, 23 Februari 2014

Love and Intimacy (Melisa Mustika)

     Hubungan seksual yang sewajarnya umumnya terjadi atas dasar cinta. Sebelum melakukan hubungan seksual, biasanya laki-laki dan perempuan akan melewati tahap cinta yang romantis dan bergairah, yang pada akhirnya akan mengikat mereka pada suatu komitmen. Tetapi pada kenyataannya masih banyak hubungan yang sudah melewati tahap romantis dan bergairah namun tidak berani berkomitmen karena alasan-alasan tertentu. Salah satu alasannya yaitu masih ingin hidup bebas.
     Komitmen sangat berhubungan dengan tingkat kedewasaan seseorang. Umumnya semakin tinggi tingkat kedewasaan seseorang, maka keinginan untuk membuat komitmen semakin besar dan komitmen akan semakin mudah untuk dijalankan. Kedewasaan tidak bergantung pada usia. Usia yang semakin tua tidak menjamin seseorang memiliki tingkat kedewasaan yang tinggi.
     Memulai suatu hubungan tidaklah sesulit mempertahankannya. Pada tahap awal menjalin hubungan, biasanya romantic love akan sangat terasa. Seiring berjalannya waktu, romantic loveakan menimbulkan gairah pada pasangan. Apabila rasa cinta sudah mulai berkurang, biasanya keromantisan, gairah, dan komitmenpun akan menurun seiring berjalannya waktu.
     Salah satu penyebab terbesar rusaknya sebuah hubungan adalah komunikasi yang buruk. Pasangan yang memiliki masalah dalam komunikasi akan mengalami kesulitan untuk menjalin hubungan. Komunikasi seharusnya melibatkan dua pihak yang saling aktif dalam memberi dan menerima pesan. Komunikasi yang hanya melibatkan satu pihak dapat menyebabkan konflik yang membuat rusaknya sebuah hubungan.

14 Feb 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar