Senin, 16 Juni 2014

Pengalaman di Lab (Josephine Amelia)

Sebenernya saya selalu penasaran sama para psikolog, apasih rasanya duduk di ruangan sendiri yang nyaman, duduk nerima klien dan ngobrol sama klien, gimana sih caranya supaya bisa ngobrol enak sama klien yang jelas-jelas belom pernah kenal sebelumnya..

Nah, akhirnya kesampean di kelas teknik wawancara.. Di kelas ini saya melakukan praktek tekwan 3 kali dalam 3 minggu. Daannnn,, berkat adanya praktek ini, saya pertama kali pake rok ke kampus hahaha :D Okey cukup, sekarang saya mau share pengalaman saya pas praktek :)

Hari pertama, saya berperan sebagai seorang psikolog dalam setting pendidikan,  atau bisa juga dikatakan guru BP di suatu sekolah. Hmm.. Pada hari H saya ngerasa sangat sangat deg degan, tangan sampe dingin kali -_- Rasanya tuh bingung mau ngomong apa duluan pas klien masuk. Tapi untungnya saya ga kenal sama yang berperan jadi klien hari itu, soalnya senior dan ga pernah satu kelas sebelumnya. Untungnya apa ? Ya enak, kan jadi ga kepengen ketawa, bisa lebih serius. Dan kemudian terjadilah praktek ini, saya gugup.. saya kebanyakan ngomong hmm.. awalnya klien ngomongnya singkat singkat jadi saya bingung mau ngomong apa lagi, tapi untungnya kayanya klien sadar saya bingung, dan dia akhirnya coba mulai cari topik haha baiknya dia..

Hari kedua, saya berperan sebagai psikolog di bidang PIO, yang bekerja di suatu perusahaan. Tugas saya adalah menangani kasus yang terjadi pada karyawan. Klien saya kali ini cukup saya kenal, tapi tidak masalah. Karena ini praktek yang kedua, saya udah ga sepanik pertama kali. Saya lebih tenang sedikit walaupun masih gugup. Selain itu ruangan prakteknya sangaaaaattttt panas, jadinya keringat bercucuran dan tangan saya ga bisa diem sibuk elapin keringat -_-

Hari ketiga, peran saya adalah psikolog klinis yang menangani pasien dengan masalah klinis juga. Hmm lebih lancar sih soalnya kan udah yang ketiga, dan ruangannya jauh lebih adem dari yang sebelumnya haha.. Dan karena ini masalah klinis, klien saya pun menceritakan masalah yang cukup menyedihkan, disini saya bingung harus berbicara apa, jadi saya cuma bilang "yaa saya mengerti apa yang ibu rasakan" ya kira kira begitu. 

Kesimpulannya sih jadi psikolog itu cukup susah :( Harus masih banyak banyak banyak belajar. Kagum sama ibu/bapak psikolog yang udah praktek, apalagi yang bidang klinis. Mereka semua hebat :)

30 Mei 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar