Senin, 16 Juni 2014

"experience" (Adinda Suci Saputri)

Well , setelah 3 kali pratikum Teknik Wawancara dalam setting klinis pendidikan, pio, dan anak . awal-awalnya bikin gugup, padahal tiap nanya ke temen yang udah pernah ambil smua nya pada bilang ” gpp kok , biasa aja itu mah prakteknya ,ga seserem yang dipikirin ” tapi aku nya yang ngerasa cemas banget takut salah-salah .
Pertama setting pendidikan tema kelompok kami tentang motivasi menjadi seorang guru sd, nah kumpul jam 9 di lantai 2 k-hall ,ekspresi anak kls ada yang heboh , ada yang take a selfie terlebih dahulu lah maklum karena hari itu kita berpakaian rapi kayak orang katoran gitu , terus ada yang ngapalin pertanyaan” yang buat wawancara .Nah ketika itu saya kayak orang ga jelas aja tuh ,cemas ga jelas, dipikiran itu takut banyak lupa apa yang seharusnya ditanyain ,. Pada saat dipanggil giliran menjadi wawancara oleh ci tasya , berusaha tenangin diri (lebay yee gitu amat,pdhal sbnrnya biasa aja orang”,cuma gw nya aj cemas takut salah” ,hahha) , setelah masuk keruangan dan waktu dimulai , melakukan bina rapport dengan baik, membuka kan pintu terlebih dahulu, memberi senyuman, salaman dan berbincang” , setelah itu mulai menanyakan yang seharusnya ditanyakan ,hehe . alhamdulillah yang dicemasin itu ternyata lancar” aja, pertanyaan ga ada yang ke skip ,ataupun lupa ,cuma terlalu cepat aja dalam wawancara karena kurang nya probing sih saya rasa . 
Ke dua Setting PIO ,( evaluasi kerja staf HRD) 
Praktek ke 2 ini so far so good ,walaupun ngerasa masih kurang maksimal dengan praktek saat itu, kurang maksimalnya masih kurang probing dan membuat pertanyaan untuk wawancara kurang jelas saya rasa,dan kurang banyak pula ,jadi pada saat semua pertanyaan sudah selesai ditanyakan oleh klien ,nah mulai tuh kayak orang tolol , kebanyakn engggggggggggggg dan bingung gitu mau nanya apa lagi yaa, jadinya muter” aja nanya nya , apa yang udah dicatat menurut saya penting itu ditanyakan lagi ,secara mendalam . dan bina rapport lebih baik lagi .hehe . (tapi sbenrnya saya ngerasa untuk bina rapport saya lebih baik sih, maksudnya kayak ga pnya mslh gitu, hehe :D)
Praktek ke 3 setting anak (mood disorders)
Nah kalo udah yang ke tiga harus nya lebih baik dong yaa , alhasil emang yang ke3 ini lebih maksimal daripada sebelum-sebelumnya , dalam wawawancara lebih lancar ,lebih let it flow gitu dalam wawancara, terus menggunakan eye contac, intonasi suara baik ga kekencengan juga suaranya, yaa berjalan dengan lancar lah untuk ke 3 ini prakteknya . kesan kesan nya itu ya dalam 3 minggu berturut-trut ini banyak ngambil pelajaran juga dari tmn” pada saat menjadi observasi dan melihat tmn melakukan wawancara dengan baik , saya menjadikan pljran untk diri saya , supaya dalam wawancara harus lebih baik lagi , tidak merasa gugup, lebih tenang . 
Dan praktek ke 3 ini juga menjadi hari kelas terakhirnya Tekwan deh , di akhiri dengan  foto bareng , bersama Ibu Henny dan Ci Tasya image
" Terimakasih Bu Henny dan Ci Tasya untuk memberi ilmu kepada kami, dan untuk saya pribadi sangat banyak belajar dalam mata kuliah ini dalam  wawancara yang lebih baik kedepannya …
27 Mei 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar