Minggu, 05 Oktober 2014

siap untuk hamil? (Rosalyah)





     Hamil dan menjadi seorang ibu adalah tugas mulia yang hampir seluruh wanita menginginkannya. Tapi hamil adalah bukan perkara mudah. Diperlukan kesiapan dari seorang wanita untuk menjadi ibu. Sebelum mendapatkan anak, seorang wanita akan mengandung anaknya selama sembilan bulan yang terbagi dalam 3trimester. Setiap trimester berlangsung selama 12-15 minggu. Pada trimester 1 sudah mulai terbentuk organ bagian dalam tubuh pada janin. Ibu mengalami perubahan dan dapat menjadi kelelahan, sembelit, mual dan muntah. Ketika trimester 2 yaitu minggu 14-28 sudah terlihat bentuk muka tangan dan kaki calon bayi. Ibu mengalami peningkatan nafsu makan dan perubahan pigmentasi kulit. Pada trimester 3 ketika minggu 29-40. Calon bayi sudah bisa menendang di dalam rahim ibunya.
     Ketika kehamilan, sakit punggung sangat bisa dialami oleh sebagian besar ibu hamil. Oleh karena itu, olahraga saat hamil itu bisa meningkatkan kesejahteraan dan mood ibu. Olahraga yang baik adalah berenang karena membuat ibu kerasa lebih segar dan tenang untuk menjalani proses melahirkan. Senam hamil juga dianjurkan karena dapat membantu ibu hamil dalam proses melahirkan. Beberapa sakit pada fisik muncul, namun perasaan sakit itu hilang dengan adanya rasa bahagia menanti sang buah hati. Mulianya seorang ibu, bukan hanya menahan sakit saat melahirkan saja tetapi sejak janin itu tumbuh di dalamnya


     Setelah dua atau tiga bulan melahirkan, ibu-ibu dapat mengalami postpartum parenthood, yaitu serangan emosi yang intens setelah melahirkan. Ibu yang baru melahirkan mengalami perubahan fisik, seperti uterus yang lebih lama menyusut kalau ibu tidak menyusui. kontraksi yang menyakitkan, dll. Selain itu, ibu juga mengalami perbubahan fisiologi yang dapat menyebabkan depresi & psikosis. Ibu yang mengalami psikosis dapat membunuh atau menelantarkan anaknya setelah melahirkan.Pembunuhan yang dapat dilakukan oleh ibu disebabkan karena ibu merasa kesepian dan perubahan yang terjadi pasca kelahiran seperti berubahnya rutinitas dan jadwal tidur yang terputar karena adanya bayi yang harus diurus.


30 September 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar