Kamis, 30 Oktober 2014

Donovanosis : A Rare Sexual Transmitted Disease (Ellen Gauw)


This post is about a rare sexual transmitted disease called Granuloma inguinale or better known as donovanosis (keren amat ya namanya?)

Granuloma inguinale adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Klebsiella granulomatis yang memiliki ciri-ciri adanya luka dalam bentuk bisul pada alat genital seseorang. Penyakit ini merupakan penyakit endemik di negara-negara tertinggal (third world).
Setiap tahun dilaporkan 100 kasus terjadi di Amerika Serikat. 


Apabila donovanosis tidak diobati maka penyakit tersebut akan berkembang lebih lanjut dan akhirnya menghancurkan jaringan luar dan dalam alat genital. 

Gejala dari donovanosis adalah terdapat bisul atau benjolan (tanpa rasa sakit) yang berisi cairan di alat kelamin dalam kurun waktu 10-14 hari setelah terinfeksi oleh bakteri. Kemudian bisul tersebut akan pecah dan meninggalkan bekas luka yang terbuka yang selalu mengeluarkan cairan. 

WARNING: DISTURBING IMAGE AHEAD!




Penularan terjadi melalui kontak kulit dengan adanya luka yang terbuka. Pengobatan dilakukan dengan cara memberikan antibiotik dalam kurun waktu 12 minggu. Pengobatan harus dilakukan selama itu untuk mencegah terjadinya relapse.



Gimana pembaca sekalian? Serem ga tuh?
Menurut penulis sih penyakit ini lumayan serem, karena umumya orang tidak akan mencari bantuan medis karena merasa tidak apa-apa.... Wong bisulnya aja ga berasa sakit, cuma nimbul gitu aja...

Seluruh penyakit menular seksual ditularkan melalui hubungan seks yang tidak "aman". Aman di sini maksudnya itu pasangannya terjamin bebas penyakit menular seksual atoga..... Siapa yang tahu dibalik wajah polos nan baik dari pasangan seksualmu itu ternyata dia menyimpan "tabungan" penyakit menular seksual.... Tau-tau dah kena aja, malah kalian sendiri yang dijadiin kambing hitam.... Ntar malah dibilang situ lagi yang kegatelan, padahal pasangannya yang dah bawa-bawa tabungan huh!


Intinya tolong tetap memperhatikan gaya hidup anda... Jangan suka menggonta-ganti pasangan seksual anda, ya kalau bisa sih sebelum married jangan macem-macem dulu... Yang mau married juga pre-marital check-up dlu gih... Pastiin pasangan anda itu bersih dari penyakit menular seksual... Jangan sampai pas dah married trus kena penyakit, baru tau pasangan anda sendiri yang menulari anda....

29 Oktober 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar