Minggu, 05 Oktober 2014

Masalah-Masalah dalam Proses Persalinan (Lisa Febriani)

1. Bayi Premature








     Bayi yang lahir pada usia kehamilan 24 minggu disebut sebagai bayi prematureApa alasan seorang Ibu melahirkan bayi premature? Terdapat beberapa alasan yang mengakibatkan ibu harus melahirkan bayi premature, yaitu

  • Air ketuban pecah sebelum waktunya bisa diakibatkan oleh sebuah pengalaman traumatis, atau aktivitas fisik yang berlebihan.
  • Beberapa artikel juga menyebutkan bahwa alasan bayi terlahir prematurekarena usia Ibu ketika melahirkan masih sangat kecil (di bawah 18 tahun), ataupun memasuki usia dewasa tengah (di atas 40 tahun).
  • Pemeriksaan kehamilan yang tidak teratur.
  • Faktor sosial ekonomi juga dapat mempengaruhi, yaitu kurangnya asupan gizi selama kehamilan Ibu.
  • Bisa juga karena, sang Ibu sebelumnya juga pernah mempunyai riwayat melahirkan bayi secara premature.
  • Kondisi bayi terlahir premature tidak hanya oleh faktor dari IBU, sang ANAK dengan kalainan bawaan, atau janinnya dalam kondisi yang gawat darurat juga menyebabkan anak tersebut harus terlahir secara premature.
     Jika bayi telah terlahir premature, yaitu dalam kondisi dan waktu yang belum sempurna, maka bayi tersebut ketika dilahirkan memerlukan perawatan yang intensif. Banyak mitos yang menyebutkan, bahwa bayi premature akan tumbuh menjadi pribadi yang sakit-sakitan, namun berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri, saya melihat saudara saya yang terlahir prematuresaat ini menjadi anak yang pandai, dan tidak ada yang terganggu dalam proses tumbuh kembangnya.
2. Bayi Terlahir Sungsang









     Bayi sungsang diartikan sebagai posisi lahir bayi yang tidak biasanya. Normalnya adalah, ketika proses melahirkan, posisi kepala bayi berada di bawah, namun bayi dalam keadaan sungsang ini berbeda, posisi kakinya lah berada di bawah. Kenapa bayi dalam keadaan sungsang?

  • Faktor ukuran bayi tersebut. Jika bayi memiliki ukuran yang kecil, jadi ketika di dalam kandungan, bayi tersebut bebas berputar ke arah mana saja, bisa ke atas, ataupun ke bawah.
  • Faktor ibu yang kerap kali di temukan di Indonesia yaitu, apabila berat bayi di bawah 3 kg, dan sang Ibu sudah beberapa kali melahirkan, menurut beberapa artikel hal tersebut ada kemungkinan menjadi sungsang.
     Hal yang biasanya dilakukan oleh para dokter yaitu melakukan operasi Caesar untuk melahirkan bayi sungsang, hal tersebut dilakukan agar tidak merusak otot atau organ-organ bayi tersebut. Bayangkan saja, bagaimana dengan kondisi yang tidak seharusnya bayi dipaksa lahir normal dengan kaki yang keluar terlebih dahulu?? JIka kondisi bayi seperti ini, sang ibu tidak disarankan untuk melahirkan dengan cara coba-coba untuk lahir secara normal terlebih dahulu.

# Untuk menghindari semua hal itu terjadi, maka diperlukan gizi yang cukup dan baik bagi sang IBU yang nantinya juga akan tersalurkan pada sang ANAK. Lakukan pemeriksaan kandungan secara rutin kepada dokter kandungan terdekat. Boleh melakukan aktifitas fisik, namun jangan sampai berlebihan sehingga nantinya akan mengganggu kondisi janin, dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk keselamatan, kemudahan, dan kelancaran pada saat kehamilan hingga proses melahirkan juga sangat diperlukan agar hati seorang ibu menjadi tenang dan nyaman.

30 September 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar