Minggu, 05 Oktober 2014

Pregnancy (Carnesya Hergiani)

    Hamil...yaa itulah yang akan dialami pada hampir semua wanita. Hampir semua wanita mengingkan untuk hamil. Hamil dan menjadi seorang ibu adalah tugas mulia yang hampir seluruh wanita menginginkannya. Tapi hamil adalah bukan perkara mudah. Diperlukan kesiapan dari seorang wanita untuk menjadi ibu. Meskipun seorang wanita seharusnya siap menjadi seorang ibu. Karena itulah kodrat seorang wanita.


     Kehamilan terjadi selama kurang lebih 40 minggu dan dibagi menjadi tiga trimesters.
Pada frist trimesters, terjadi pada 13 minggu awal kehamilan. Pada masa ini organ dan sistem jaringan tubuh janin mulai berkembang. Pada awal kehamilan ini wanita perlu banyak mengurangi aktifitasnya. Hal ini dikarenakan kondisi janin yang belum kuat. Selain itu biasanya wanita mengalami mual dan cepat kelelahan. Meskipun kondisi fisik tersebut membuat tidak nyaman, namun beberapa wanita tetap bahagia dengan kehadiran janin di dalam rahimnya. Sehingga kondisi tidak nyaman pada fisiknya dapat disingkirkan dengan perasaan bahagia.

     Pada second trimesters ini terjadi pada 14-28 minggu kehamilan. Pada masa ini janin sudah lebih kuat dari frist trimesters. Pada masa ini janin sudah mulai terlihat seperti manusia. Karena adanya pertambahan panjang janin dan muncul refleks menghisap dan menelan. Pada agama islam, pada minggu ke 16 kehamilan, biasanya diadakan doa bersama. Karena pada minggu ke 16 janin sudah memiliki roh. Pada wanita itu hamil mual yang dialami wanita pada masa ini sudah menurun dan berganti dengan peningkatan nafsu makan. Sehingga perubahan fisik wanita mulai terlihat dengan peningkatan berat badan dan kaki yang terlihat bengkak.

     Pada three trimesters terjadi pada 27-40 minggu kehamilan. Pada masa ini janin berkembang lebih pesat selain itu, organ tubuh janin lebih kuat dan lengkap. Usg untuk mengetahui jenis kelamin biadanya sudah bisa dilakukan. Pada salah satu budaya pada minggu ke 28, orangtua baru diperbolehkan mempersiapkan perlengkapan bayi. Wanita biasanya juga mengalami sakit punggung. Mungkin ini disebabkan oleh berat janin yang terus bertambah.

     Pada saat kehamilan memang bukanlah hal mudah. Beberapa sakit pada fisik muncul, namun perasaan sakit itu hilang dengan adanya rasa bahagia menanti sang buah hati. Mulianya seorang ibu, bukan hanya menahan sakit saat melahirkan saja tetapi sejak janin itu tumbuh di dalamnya. Mungkin itulah yang menyebabkan surga ada di telapak kaki ibu. Banyak pengorbanan yang telah dipertaruhkan, termasuk nyawanya sendiri.

26 September 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar