Kamis, 30 Oktober 2014

Sekilas Tentang HIV (Human Immunodeficiency Virus) (Lisa Febriani)

 HIV atau yang disebut sebagai human immunodeficiency virus, merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, dan membuat tubuh menjadi lemah untuk melawan berbagai infeksi. HIV merupakan suatu virus yang sangat ditakuti oleh manusia, karena konon kabarnya virus ini sangat mematikan dan tidak dapat disembuhkan. Bahkan beberapa penderitanya pun kerap kali mengalami perlakuan tidak menyenangkan dari orang-orang sekitarnya karena dianggap sebagai sumber penyakit, dan mereka yang berada di sekitarnya tidak ingin berdekatan atau bahkan menjalin hubungan dengan si penderita HIV tersebut karena takut tertular virus HIV. Hal yang perlu digaris bawahi dan hal yang paling terpenting adalah hanya karena 4 alasan saja seseorang dapat tertular virus ini, yaitu karena:
  1. Tranfusi darah, salah satu contoh adalah menggunakan satu buah suntikan yang nantinya akan digunakan untuk berbondong-bondong orang, yaitu misalnya pengguna narkoba, ia hanya membeli satu suntikan yang memungkinkan suntikan tersebut pernah dipakai oleh penderita HIV, namun karena yang lainnya tidak mengetahui hal itu, suntikan tersebut tetap digunakan oleh teman-temannya yang lain.
  2. Cairan susu (asi ibu). Seorang ibu yang terkena HIV, lalu memberikan asi kepada anaknya, maka kemungkinan besar anaknya tersebut akan tertular virus HIV dari sang ibunya.
  3. Cairan Vagina. Ketika seorang ibu yang terkena HIV yang sedang mengandung, kemungkinan anak yang didalam kandungan ibu tersebut belum terkena virus HIV, namun ketika anak tersebut dilahirkan secara normal melalui vagina sang ibu yang mana mengenai cairan vagina ibu, maka anak tersebut kemungkinan besar juga akan tertular HIV. Sebaiknya untuk ibu yang terkena HIV lalu ingin melahirkan, disarankan untuk melakukan proses Caesar. Contoh lainnya adalah ketika berhubungan seksual dengan seorang wanita yang terkena HIV, maka kemungkinan besar pria yang melakukan hubungan seksual dengan wanita tersebut juga akan tertular virus HIV.
  4. CairanSperma. Ketika terdapat seorang pria yang terkena HIV sedang melakukan hubungan seksual dengan seorang wanita, entah itu istrinya ataupun wanita panggilan (PSK), maka kemungkinan terbesar adalah istri atau PSK tersebut juga akan tertular virus HIV yang ditularkan melalui cairan sperma pria tersebut.

Cara pencegahan agar tidak tertularnya virus HIV adalah:
  • Biasakan hidup bersih, sehat, serta makan makanan 4 sehat 5 sempurna.
  • Hentikan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu sistem imun.
  • Jangan menggunakan jarum suntik yang bekas, atau secara berbondong-bondong, gunakan jarum suntik yang baru.
  • Hindari seks bebas.
  • Sebelum menikah, hendaknya memeriksakan kesehatan terlebih dahulu.
     Jadi dapat ditarik kesimpulan, bahwa seseorang yang terkena virus HIV tidak lah harus dijauhkan, ataupun diasingkan hanya karena pengetahuan yang masih sempit seputar penularan virus HIV. Berikan dukungan sosial bagi mereka, agar mereka tetap menjadi pribadi yang produktif untuk menjalani kehidupannya.


2  28 Oktober 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar