Kamis, 30 Oktober 2014

Apakah alat kontrasepsi Anda telah sesuai? (Susan)

  Kontrasepsi merupakan alat yang sering kita dengar diberbagai kalangan, mulai dari pendidikan, penyuluhan, dan tentu saja bagi kalangan membutuhkannya dalam aktivitas hubungan seksual. Agar tidak terjadinya kehamilan, pasangan melakukan berbagai macam cara. Mulai dari cara yang natural dan sampai menggunakan alat kontrasepsi. Bahkan banyak dari pasangan juga melakukan bedah untuk kontrasepsinya yang permanen agar tidak lagi memiliki keturunan, dan tentu saja bedah tidak murah untuk dilakukan.

     Terdapat beberapa cara agar tidak terjadinya kehamilan ketika pasangan melakukan hubungan seksual, diantaranya seperti seorang pria sadar akan masa subur pasangan wanitanya dan tidak melakukan hubungan seksual selama masa subur tersebut agar tidak terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan. Cara lainnya lagi seperti Withdrawal. Pasangan tetap dapat melakukan hubungan seksual, namun pada saat akan terjadinya ejakulasi pria akan melakukan penarikan penis dari vagina agar ejakulasi tidak terjadi didalam vagina sehingga kehamilan dapat ditunda. Namun bagaimanapun juga, sebaiknya jika pasangan tidak ingin memiliki kehamilan terlebih dahulu, disarankan tidaklah melakukan hubungan seksual sama sekali atau yang dapat kita sebut bahasa kerennya Abstinence. Cara ini lebih mudah, murah dan aman karena tidak mengeluarkan biasa sedikitpun dan tidak perlu menggunkan alat kontrasepsi dengan cara apapun yang harganya beraneka ragam. 


     Untuk beberapa pasangan yang tetap ingin melakukan hubungan seksual namun masih ingin menunda kehamilannya, terdapat alat kontrasepsi yang ditawarkan dipasaran bebas. seperti menggunakan kondom. Sekarang ini kondom dirancang sedemikian rupa untuk kemudahan penggunanya, selain untuk mencegah kehamilan juga dapat menangkal berbagai macam infeksi pada kelamin akibat hubungan seksual. Kondom juga tidak hanya untuk pria yang biasa kita tahu pemasangannya di penis dengan berbagai macam bentuk dan variasi rasa, melainkan kondom juga dapat digunakan oleh wanita. Beberapa jenis kondom wanita seperti Diaphragm, Hormonal Patch, Intrauterine device (IUD) merupakan beberapa alat kontrasepsi pada wanita yang dapat mencegah kehamilan yang dapat dipilih oleh wanita sesuai dengan kegunaan dan kemudahan yang Ia rasakan ketika menggunakannya. 

     Walaupun alat kontrasepsi yang dijual secara bebas, beberapa pasangan juga terkadang lebih memilih mengkonsumsi obat-obatan sebagai penunda kehamilannya dibandingkan menggunakan alat kontrsepsi ketika melakukan hubungan seksual. Seperti yang kita tahu, alasannya tidak lain adalah penggunaan alat kontrasepsi yang tidak dimengerti. Salah dalam pemakaian alat kontrasepsi selama melakukan hubungan seksual sehingga terjadinya kehamilan, Pemakaian alat kontrasepsi tidak nyaman dan mengganggu pasangan dalam melakukan aktivitas seksual. Nah, jadi beberapa alasan inilah yang saya ketahui mengapa banyak dari pasangan lebih memilih pasangan wanitanya mengkonsumsi obat-obatan sebagai alat kontrasepsi. 

     Seperti yang saya sebut tadi, alat kontrasepsi juga ada yang permanen untuk mengontrol angka kelahiran. Kontrasepsi ini dapat kita sebut sebagai Female sterilization atau tubal sterilization. Female sterilization atau tubal sterilization merupakan bedah yang dilakukan dengan menutup Fallopian tubes maka sel telur dan sperma tidak dapat bertemu sehingga tidak akan terjadinya kehamilan. Cara ini hanya dilakukan untuk wanita yang sudah tidak ingin lagi memiliki keturunan atau tidak ingin mengkonsumsi ataupun menggunakan alat kontrasepsi ketika berhubungan seksual dengan pasangannya. Cara ini cukup efektif dalam mengontrol angka kelahiran, namun tentu saja harganya cukup mahal karena dilakukannya bedah yang memerlukan bantuan medis. 

     Nah, untuk mencegah kehamilan tentu memiliki berbagai macam cara. Dengan menggunakan alat kontrasepsi juga pasangan dapat mencegah kehamilan yang tidak diinginkan serta menagkal yang namanya infeksi ataupun virus pada kelamin yang mematikan pada pasangan yang melakukan sexsual intercourse. Jadi bijaksanalah dalam memilih alat kontrasepsi dalam berhubungan seksual baik diinginkan atau tidaknya sebuah kehamilan dikemudian hari.
22 Oktober 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar