Minggu, 04 Mei 2014

Wawancara untuk Pendidikan, khususnya PAUD (Melisa Chandra)

 

Kelas Tekwan selasa lalu, didatangkan praktisi dari psikolog pendidikan yang bernama Bu Aswini. Bu Aswini ternyata pernah mengajar di fakultas psikologi universitas tarumanagara, dan sekarang beliau menjadi academic director di sebuah sekolah 0-6 tahun. Tugas beliau lebih fokus dalam mewawancarai para orang tua murid, staf akademik, dan staf non akademik yang bekerja di situ. Seperti mendengarkan keluhan atau masukan orang tua buat sekolah, lalu keluh kesah serta cerita dari para staf. Kurikulum yang terdapat di sekolah Bu Aswini bekerja berpusat kepada active learning. Di sana siswa diajar untuk kreatif, dan lebih bebas. Bu Aswini juga menceritakan tentang pengalamannya dia dalam meyakini orang tua murid bahwa sekolah tersebut memang bagus untuk anak-anak. Pada saat melakukan interview dengan orang tua, biasanya di ruang sebelah juga ada seorang observer yang akan memperhatikan tingkah laku anak tersebut.

Setelah itu terdapat free trial, bahwa orang tua boleh masuk ke kelas bersama anaknya dan melihat aktivitas di kelas secara langsung. Peraturannya harus orang tua yang menemani, tidak boleh suster, super, atau orang lain.
Dalam melakukan wawancara dengan orang tua dan dengan murid berbeda pendekatan. Biasanya Bu Aswini untuk interview dengan orang tua akan lebih formal dan menggunakan bahasa yang formal. Sedangkan dalam bertanya ke murid, beliau akan menyesuaikan bahasanya sesuai dengan usia muridnya.
3 Mei 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar