Minggu, 18 Mei 2014

Pe De eR (Milie Lesmana)


     Pada pembahasan kali ini akan sedikit out of topic dari Teknik Wawancara. Praktisi yang didatangkan ke kelas ahli pada bidang pendidikan. Dari sederet ilmu yang dibagikan berdasarkan pengalamannya, ada satu hal yang menarik untuk dibahas kembali, yaitu plan-do-review structure. Beliau adalah seorang kepala sekolah yang menerapkan quiet-active-quiet schedule di kelasnya. Hal ini diilustrasikan paling jelas pada program yang dikenal High/Scope. Pada model ini, anak mengikuti plan-do-review structure: mereka mulai setiap hari dengan reflective teacher-directed group time di mana mereka merencanakan kegiatan bermain mereka. Berikutnya datang masa bermain aktif. Masa tenang yang lain waktu bermain berikut ini, di mana anak memeriksa dan mengevaluasi pencapaian mereka. Pada model ini, child-directed free play dan teacher-guided small-group activities digilir.
     Sistem ini sangatlah baik untuk diterapkan sejak dini, dalam efek jangka pendek dapat membuat seorang anak terbiasa untuk merencanakan kegiatan yang dijalani sehari-hari, dan efek jangka panjangnya ia dapat mengatur dan memiliki tujuan hidup yang lebih jelas. Yah, berhubung penulis blog ini ga pake sistem kayak begini semasa kecilnya jadi begini dah hasilnya.. ampe ud umur setua ini belum tau cita-citanya mau jadi apa...
     Selain direncanakan dan dilakukan, tahap evaluasi menjadi bagian yang tidak kalah pentingnya. Ini dilakukan supaya apa yang direncanakan dan dilakukan itu sejalan.Biar orang ga lari jauh-jauh banget dari takdir yang udah dia garisin sendiri.
     Kesimpulan yang dapat ditarik dari pembahasan kali ini adalah program High/Scope yang akhir-akhir ini sering diterapkan di sekolah-sekolah tidak kalah baik dengan program pengajaran sebelumnya. Plan-do-review structure itu sendiri sangat baik untuk dijalankan sehari-hari di kelas.
     Pada penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, khususnya orang dewasa, plan-do-review structure juga dapat digunakan dalam menjalani bahtera kehidupan. Rencana dibuat berdasarkan pertimbangan keinginan dan kebutuhan.Mungkin perlu diingat bahwa manusia boleh berencana, namun Tuhan yang menentukanTindakan sebisa mungkin dilakukan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Ketika tindakan itu tidak sesuai dengan rencana awal, inilah yang menjadi bahan evaluasi. Biasanya evaluasi dilakukan pada waktu malam ketika akan menutup hari.

Selamat menjalankan plan-do-review!


5 Mei 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar