Minggu, 18 Mei 2014

Active Learning??? (Monica Teny)


Active learning adalah suatu proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai cara atau strategi secara aktif. Proses pembelajaran ini untuk mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki oleh peserta didik, sehingga semua peserta didik dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan sesuai karakteristik yang dimilikinya, serta untuk menjaga perhatian peserta didik agar dapat tetap tertuju pada proses pembelajarannya.
Apa sey  fungsi “active learning” itu???
Terdapat beberapa fungsi proses pembelajaran dengan active learning, diataranya untuk melatih life skill peserta didik yang sesuai dengan lingkungan hidup dan kebutuhannya, misalnya dalam memecahkan masalah, pserta didik dilatih dan dibiasakan untuk bekerjasama, mendorong peserta didik untuk mandiri dalam melakukan sesuatu, membiasakan pserta didik untuk belajar bertanggung jawab, inisiatif, dan saling tolong-menolong, serta untuk mengembangkan wawasan berpikir anak.
Dari semua proses pembelajaran yang ada (sekolah nasional, sekolah internasional, sekolah nasional plus, home schooling,dll), menurut saya proses pembelajaran active learning beda dari yang lain, di mana proses pembelajarannya tidak seperti proses pembelajaran lainnya (di dalam kelas, duduk manis, fokus dengan buku panduan, kaku, dll) tetapi active learning lebih kepada praktek, anak dapat berekspresi, tidak monoton, kreatif, dan tentunya tidak membosankan karena semua materi pembelajaran disampaikan berupa praktek langsung (bisa dalam rupa permainan, percobaan, dll ketimbang dengan teori) hal tersebut yang menarik dan berbeda dari yang lainnya.
Menurut saya dengan proses pembelajaran seperti ini dapat memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang disampaikan. Anak terjun secara langsung dalam pembelajarannya, tidak hanya mengandalkan buku dan berupa khayalan untuk menggambarkan materi yang disampaikan.
Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba belajar menyenangkan dengan active learning..JJJ hehehee..
5 Mei 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar