Pengertian Pendidikan
Pengertian pendidikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pendidikan merupakan perbuatan ( hal,cara dsb) yang mendidik .(KBBI,2002)
Pengertian Pendidikan menurut beberapa sumber. (a) Menurut Undang- undang RI No 2 Tahun 1989 (1989), Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan , dan (b) Menurut Undang- undang RI tahun 2003 (2003) Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
Oleh karena itu,dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah suatu perbuatan untuk mewujudkan suatu suasana belajar untuk mengembangkan suatu hal dengan kegiatan.
Pengertian Down Syndrome
Sindrom down, satu kerusakan atau cacat fisik bawaan yang disertai keterbelakangan mental.(Chaplin,2008, h. 147)
Faktor Faktor Penyebab Terjadinya Down Syndrome.
(a) Non-disjunction sewaktu osteogenesis (trisomi), (b) Translokasi kromosom 21 dan 15, (c) Postzygotic non disjunction(mosaicism). Faktor yang memegang peranan dalam terjadinya kelainan kromosom ialah: (a) Umur ibu : Biasanya pada ibu yang berumur lebih dari 30 tahun. Mungkin karena suatu ketidak-seimbangan hormonal. Umur ayah tidak berpengaruh; (b) Kelainan kehamilan; (c) Kelainan endokrin pada ibu : pada usia tua dapat terjadi infertilitas relatif, kelainan tiroid atau ovarium. (Staf Pengajar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1988).
Karakteristik Down Syndrome.
Anak dengan sindrom ini sangat mirip satu dengan yang lainnya, seakan-akan kakak-beradik. Retardasi mental sangat menonjol di samping juga terdapat retardasi jasmani. Kemampuan berpikir dapat digolongkan pada idiot dan imbesil serta tidak mampu melebihi seorang anak yang berumur 7 tahun. Mereka berbicara dengan kalimat-kalimat yang sederhana, biasanya sangat tertarik pada musik dan kelihatan sangat gembira. Wajah anak sangat khas. Kepala agak kecil dan brakisefalik dengan daerah oksipital yang mendatar. Mukanya melebar, tulang pipi tinggi, hidung pesek, mata letaknya berjauhan serta sipit miring ke atas dan samping (seperti mongol). Iris mata menunjukan bercak-bercak (Bronsfield spots) . Lipatan epikantus jelas sekali. Telinga agak aneh, bibir tebal dan lidah besar, kasar, dan bercelah-celah (Scrotal tongue). Pertumbuhan gigi-geligi sangat terganggu.
Kulit halus dan longgar, tetapi warnanya normal. Di leher terdapat lipatan-lipatan yang berlebihan. Pada jari kelingking yang pendek dan membengkok ke dalam. Pada pemeriksaan radiologis sering ditemukan falang tengah dan distal rudimenter. Jarak antara jari I dan II, baik pada tangan maupun kaki agak besar. Gambaran telapak tangan tidak jelas tampak tidak normal , yaitu terdapat stu garis besar melintang (similar crease).
Alat kelamin biasanya kecil. Otot hipotonik dan pergerakan sendi-sendi berlebihan. Kelainan jantung bawaan seperti defek spetum ventrikel sering ditemukan.
Penyakit infeksi terutama saluran pernafasan sering mengenai anak kelainan ini. Angka leukimia tinggi. Pertumbuhan pada masa bayi kadang kadang baik, tetapi kemudian menjadi lambat. (Staf Pengajar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1988).
Cara Mendidik Anak Down Syndrome.
Ramadhan (2009) mengungkapkan bawa cara mendidik ada ada beberapa tahapan,yaitu
Intervensi Dini. Program ini dapat dipakai sebagai pedoman bagi orang tua untuk memberi lingkunga yang memeadai bagi anak dengan syndrom down, bertujuan untuk latihan motorik kasar dan halus serta petunjuk agar anak mampu berbahasa. Selain itu agar ankak mampu mandiri sperti berpakaian, makan, belajar, BAB/BAK, mandi,yang akan memberi anak kesempatan
Taman Bermain, untuk peningkatan keterampilan motorik kasar dan halus melalui bermain dengan temannya, karena anak dapat melakukan interaksi sosial dengan temannya
Pendidikan Khusus (SLB-C), Anak akan mendapat perasaan tentang identitas personal, harga diri dan kesenangan. Selain itu mengasah perkembangan fisik, akademis dan dan kemampuan sosial, bekerja dengan baik dan menjali hubungan baik
Penyuluhan Pada Orang Tua
Terapi Untuk Anak Down Syndrome
(a) Terapi Wicara,untuk membantu anak yang mengalami ketelambatan bicara dan pemahaman kosakata ;(b) Terapi Okupasi, untuk melatih anak dalam hal kemandirian ;(c) Terapi Remedial,Terapi yang diberikan untuk anak yang mengalami gangguan akademis ;(d)Terapi Sensori Integrasi, Terapi ini diberikan bagi anak DS yang mengalami gangguan integrasi sensori;(e)Terapi Tingkah Laku (Behaviour Theraphy) , Mengajarkan anak DS yang sudah berusia lebih besar agar memahami tingkah laku yang sesuai dan yang tidak sesuai dengan norma-norma dan aturan yang berlaku di masyarakat; (f) Terapi Akupuntur, Terapi ini dilakukan dengan cara menusuk titik persarafan pada bagian tubuh tertentu dengan jarum. Titik syaraf yang ditusuk disesuaikan dengan kondisi sang anak ;(g)Terapi Musik : mengenalkan nada, bunyi-bunyian, untuk meningkatkan stimulasi dan daya konsentrasi anak ;(h)Terapi Lumba-Lumba, untuk membantu sel-sel saraf otak yang awalnya tegang akan menjadi relaks ketika mendengar suara lumba-lumba; dan (i)Terapi Craniosacral, Terapi sentuhan tangan dengan tekanan yang ringan pada syaraf pusat untuk memperbaiki metabolisme tubuh sehingga daya tahan tubuh lebih meningkat. (Growup Clinic,2012)
(a) Terapi Wicara,untuk membantu anak yang mengalami ketelambatan bicara dan pemahaman kosakata ;(b) Terapi Okupasi, untuk melatih anak dalam hal kemandirian ;(c) Terapi Remedial,Terapi yang diberikan untuk anak yang mengalami gangguan akademis ;(d)Terapi Sensori Integrasi, Terapi ini diberikan bagi anak DS yang mengalami gangguan integrasi sensori;(e)Terapi Tingkah Laku (Behaviour Theraphy) , Mengajarkan anak DS yang sudah berusia lebih besar agar memahami tingkah laku yang sesuai dan yang tidak sesuai dengan norma-norma dan aturan yang berlaku di masyarakat; (f) Terapi Akupuntur, Terapi ini dilakukan dengan cara menusuk titik persarafan pada bagian tubuh tertentu dengan jarum. Titik syaraf yang ditusuk disesuaikan dengan kondisi sang anak ;(g)Terapi Musik : mengenalkan nada, bunyi-bunyian, untuk meningkatkan stimulasi dan daya konsentrasi anak ;(h)Terapi Lumba-Lumba, untuk membantu sel-sel saraf otak yang awalnya tegang akan menjadi relaks ketika mendengar suara lumba-lumba; dan (i)Terapi Craniosacral, Terapi sentuhan tangan dengan tekanan yang ringan pada syaraf pusat untuk memperbaiki metabolisme tubuh sehingga daya tahan tubuh lebih meningkat. (Growup Clinic,2012)
DAFTAR PUSTAKA
Chaplin,J.P.(2008). Kamus lengkap psikologi (K. Lartono, Penerj.). Jakarta: RajaGarfindo Persada.
KGrowup Clinic.(2012, Desember). Terapi fisik dan rehabilitasi medis penderita down syndrome. Diunduh dari http://downsyndromeclinic.wordpress.com/2012/12/27/terapi-fisik-dan-rehabilitasi-medis-penderita-down-syndrome/
Rhamadhan.(2009, Januari). Down syndrom. Diunduh dari http://forbetterhealth.wordpress.com/2009/01/21/down-syndrome/
Staf Pengajar Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. (1988). Buku kuliah 1: Ilmu kesehatan anak (5th ed.). Dalam R. Hassan dan H. Alatas (Ed.). Jakarta: INFOMEDIKA.
______, 1989. UU RI No 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Semarang: Aneka Ilmu.
_______, 2003. UU RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar