Rabu, 12 November 2014

Pengaruh Teknologi pada Pendidikan (Rubby 705140009)

Pengertian teknologi
     Pengertian teknologi menurut KKBI adalah metode bersistem untuk merencanakan, menggunakan, dan menilai seluruh kegiatan pengajaran dan pembelajaran dng memperhatikan, baik sumber teknis maupun manusia dan interaksi antara keduanya, sehingga mendapatkan bentuk pendidikan yg lebih efektif.
     Pengertian teknologi menurut pandangan para filsuf Yp Simon (1983). Mengatakan bahwa, teknologi adalah suatu displin rasional yang dirancang untuk meyakinkan penguasaan dan aplikasi ilmiah.
Paul Saetiles (1968). Mengatakan bahwa,  teknologi selain mengarah pada permesinan, teknologi meliputi proses, sistem, manajemen dan mekanisme kendali manusia dan bukan manusia.
Pengetian pendidikan
     Pengertian pendidikan menurut KBBI adalah  proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dl usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik. Pendidikan merupakan pilar utama terhadap perkembangan manusia dan masyarakat bangsa tertentu
     Definisi pendidikan menurut wikipedia

     Langeveld pendidikan adalah setiap usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju kepada pendewasaan anak itu, atau lebih tepat membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri. Pengaruh itu datangnya dari orang dewasa (atau yang diciptakan oleh orang dewasa seperti sekolah, buku, putaran hidup sehari-hari, dan sebagainya) dan ditujukan kepada orang yang belum dewasa.

     John Dewey Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional kearah alam dan sesama manusia.

     J.J. Rousseau Pendidikan adalah memberi kita perbekalan yang ada pada masa kanak-kanak sampai remaja yang nantinya akan dibutuhkan pada saat kita dewasa nanti.

 

 

Definisi teknologi pendidikan teknologi pendidikan adalah suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam bentuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non-manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif. Tujuan utama teknologi pendidikan yaitu membuat suatu pembelajaran menjadi lebih efektif dan nyaman.

Teknologi pendidikan menurut sudut pandang psikologi Keberhasilan pendidik dalam melaksanakan berbagai peranannya antara lain akan dipengaruhi oleh pemahamannya tentang perkembangan peserta didik. Oleh karena itu agar sukses dalam mendidik, kita perlu memahami perkembangan, sebab hal ini membantu kita dalam memahami tingkah laku. Tingkah laku siswa sendiri dipelajari dalam suatu ilmu yang disebut sebagai psikologi. Dengan metode mengajar yang ilmiah, diharapkan proses belajar mengajar itu lebih terjamin keberhasilannya. belajar dengan cara menyenangkan bagi siswa, kurang mendapatkan perhatian para pendidik. Sebagian besar guru mengajar dengan metode ceramah dan “menjejali” anak dengan materi pelajaran untuk mengejar target kurikulum. Akibatnya hasil pendidikan kurang dengan apa yang diharapkan sesuai dengan kurikulum. Sebaiknya para pengajar mulai berbenah diri agar dapat menghasilkan peningkatan pada mutu pendidikan kita.


Daftar pustaka
Miarso, Yusufhadi, (2009). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana
Prawiradilaga, Dewi Salma dan  Eveline Siregar. (2008). Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana
Abdullah, Ishak. (2001). Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hasbullah. (2005).  Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: RajaGrasindo Persada.
Dasar pendidikan. (2014, Januari, 19). Wikipedia. Diunduh darihttp://id.wikipedia.org/wiki/Dasar_Pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar