Kemampuan Membina Rapport
· Senyum hangat, sambutan yang bersahabat, dan percakapan kecil.
· Jgn lupa mempersilahkan klien untuk duduk.
· Hindari raut muka datar.
· Tampilkan ekspresi kepedulian serta ketertarikan akan membuat klien nyaman.
· Perhatikan ruangan, seperti : kursi, meja, dan suhu ruangan.
· Fokus kepada klien, jangan menerima telepon dan gangguan lainnya.
· Jangan “sok tau” dan jangan sok tercengang.
· Dengarkan bahasa klien dan sesuaikan.
· Sesuaikan juga dengan tingkat pendidikan klien.
Empati
· Memahami dan menghayati perasaan klien tanpa harus seperti dia.
· Menerima dan memahami tanpa menghakimi klien.
· The key to this process is remaining focused on your client at all times.
Attending Behavior
· Memberikan kesempatan klien menceritakan tentang dirinya.
· You can’t learn about the other person or the problem while you are doing the talking!
4 Critical Dimensions of Attending Behavior
Visual : Pattern of eye contactTatap klien, jangan alihkan pandangan.
Vocal Qualities : Tone & speech rateNada & kecepatan bicara Anda mengindikasikan seberapa besar ketertarikan dan rasa empati Anda terhadap cerita klien.
Verbal Tracking : Following the client or changing the topicJangan mengubah tujuan pembicaraan yang telah ditetapkan sejak awal.
Body Language : attentive and authentic
Attentive bersikap apa adanya.
Authentic bersikap memperhatinan.
Questioning Technique: Open Question
o Sifatnya tidak mengarahkan.
o Klien akan lebih bebas untuk mengekspresikan perasaannya.
o Pewawancara akan dapat informasi yang lebih banyak.
Questioning Technique: Closed Question
o Bersifat mengarahkan.
o Jawaban dari closed question ini akan pendek dan sebatas ‘ya’ dan ‘tidak’.
The Abuse Of Question
§ Being interusive
Memaksa klien untuk menjawab pertanyaan.
§ Interrogating the client
Contoh: “ kamu tidak boleh pulang kalau tidak menjawab pertanyaan saya”.
§ Controlling client explores
Jangan mengatur klien, ijinkan klien mengungkapkan perasaannya.
§ Using ‘why’ questions
Akan membuat klien mengarang jawaban.
§ Satisfying interviewer’s needs
Menanyakan hal yang tidak penting.
4 September 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar