Pada mata kuliah teknik wawancara membahas tentang aplikasi wawancara dalam setting pendidikan. Saya akan membahas sedikit tentang pembahasan tersebut yang saya pahami.
Dalam setting pendidikan, wawancara digunakan untuk mengetahui masalah yang terjadi pada anak didik. Tetapi metode yang digunakan tidak hanya dengan wawancara saja melainkan dengan obsevasi atau angket. Menurut mereka dengan wawancara dapat menggali masalah pada anak serta kita juga dapat mengobservasi anak tersebut secara bersamaan agar mengetahui apakah dia sedang berbohong atau tidak. Guru BK tidak hanya mengurusi anak bermasalah saja tetapi dia juga mengurusi berbagai hal untuk meningkatkan kinerja siswa serta konflik pada guru. Guru BK harus bersifat netral dan tidak memihak pada siapapun. Kelemahan wawancara yang ditemui oleh guru BK adalah tidak semua anak mudah untuk bercerita. Guru BK juga harus mengkerocek ke orang tua dan lingkungan rumah tentang masalah yang sedang terjadi.
15 September 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar