Rabu, 03 Desember 2014

Manusia atau Barang Kok dijual? (Alham Jumhari)

    Keseharian biasa kita dengan dengan kata perdagangan yaitu adanya proses jual beli antara pembeli dan penjual. Hal tersebut adalah dasar prinsip perdagangan ekonomi pada umumnya. Bagaimanakah tentang perdagangan manusia? Hal tersebut tentunya bukan hal biasa. Mengapa ada perdagangan manusia? Beberapa manusia mempunyai kekurangan salah satunya dari segi ekonomi. Individu yang terlibat dalam perdagangan manusia pada biasanya mengambil jalan pintas untuk mendapatkan uang agar taraf ekonomi individu tersebut meningkat.



     Jalan pintas yang dilakukan individu tersebut sangatlah salah jalan, pada contohnya pada sebuah kasus ayah yang terlilit hutang dengan tega menjual anak perempuannya kepada sang pemberi pinjaman agar hutangnya lunas. Kasus lain yaitu sesorang datang kesebuah desa mengiming-imingi individu didesa untuk bekerja diluar negri atau biasa dikenal bekerja sebagai TKI, tetapi bukannya bekerja menjadi TKI melainkan dijual oleh orang tersebut kepada warga asing.

     Kita patut waspada terhadap perdagangan manusia pada zaman sekarang karena perdagangan manusia adalah tindakan melanggar HAM, mari kita berantas perdagangan manusia dan mari kita kembalikan pemikiran kita untuk mencapai sesuatu bukan dengan jalan pintas yang sebenarnya salah.

2 Des 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar