Rabu, 03 Desember 2014

Human Trafficking (Ellen Gauw)


Soo, today it's gonna be about Human trafficking... Do you know what it is?? Or lemme rephrase it, what do you think when you saw those words????? Mind to share a piece of your mind to us?






Gambar di atas menunjukkan salah satu kasus contoh kasus perdagangan manusia yang terjadi secara terang-terangan (Gila aja sih pas ngeliat itu gambar... orang diperjualbelikan kayak gitu.. ada garansi segala pula.. dikira HP apa?!) Sebagian besar orang-orang yang terjerat dalam human trafficking atau perdagangan manusia akan menjadi korban prostitusi (ga semua sih.. ada yang gara-gara buat dijual organ tubuhnya, atau dijual jadi budak). Dalam kesempatan kali ini penulis akan membahas orang-orang yang menjadi korban prostitusi. Mereka ditipu oleh orang lain yang mengiming-imingi mereka pekerjaan mudah yang memiliki penghasilan tinggi. Tetapi tidak menutup kemungkinan mereka terjerat dalam perdagangan manusia karena dijual oleh orang tuanya sendiri (Miris banget yang ini......).  



Seperti beberapa tahun yang lalu (persisnya penulis lupa), terdapat sebuah kasus remaja putri berusia kurang lebih 15 tahun berprofesi sebagai PSK (pekerja seks komersial). Sebut saja gadis tersebut Rin, Rin tidak menjalani profesi tersebut atas niatnya sendiri. Melainkan karena DIJUAL oleh IBUNYA SENDIRI... Ya, ibunya sendiri menjadi mucikarinya... (sedih beneran loh pas ngeliat ada kasus gini, dah gitu uangnya dipakai sama emaknya sendiri buat foya-foya... ga mikir ya Bu itu anaknya bisa kena penyakit macem-macem??)




Mengapa hal ini sangat sulit untuk dibasmi? Karena sebenarnya yang menggerakkan hal ini adalah bisnis bernilai sekian puluh juta dollar. Ya intinya sih gara-gara duit... duit kenceng, bekingan juga hebat.. semakin hebat bekingan, semakin sulit buat diberantas... Ga usah diberantas deh, disentuh hukum dikit aja kayaknya dah kebal banget...

Target utama dari perdagangan manusia adalah perempuan dan anak di bawah umur. Hal ini dikarenakan masih adanya stereotype mengenai perempuan dan anak yang mengganggap mereka adalah kaum minoritas yang kurang berpengaruh. Dampak dari perdagangan manusia terhadap korbannya adalah terganggunya keadaan psikologis mereka, meningkatnya resiko tertular penyakit menular seksual, memburuknya kesehatan fisik, serta apabila mereka mampu dibebaskan dari sistem perdagangan manusia mereka mendapatkan stigma dari masyarakat mengenai masa lalunya sebagai korban perdagangan manusia.


At the end of this post I'll just say, help to stop the human trafficking. Share the knowledge of human trafficking to everyone you know.. Who know who will become the next victim....

2 Des 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar