Selasa, 30 April 2013

Sexual Transmitted Infection??? Oh No... (Aurelia Felicia)

   Hubungan seksual dapat dikatakan sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia, tetapi ada yang melakukannya sebelum atau setelah menikah, dan dengan seorang pasangan atau berganti-ganti pasangan. Namun, apakah kalian tahu bahwa ada yang namanya sexual transmitted infection atau infeksi menular seksual (IMS). Biasanya, usia-usia muda dan remaja lebih berisiko mengalaminya. Selain itu, perempuan yang sudah terkena infeksi akan lebih mengalaminya dalam jangka panjang karena lapisan yang menutup vagina lebih tipis bila dibanding dengan lapisan yang menutupi penis.
   Sayangnya, infeksi ini bersifat laten, yaitu membutuhkan waktu dan proses yang lebih lama untuk mendiagnosis infeksi tersebut. Ada banyak bentuk infeksi, seperti ectoparasitic, gonorrhea, syphilis, chlamydia, chancroid, vaginal infections, pelvic inflammatory disease (PID), dan HIV/AIDS. Misalnya, ectoparasitic merupakan penyakit yang disebabkan parasit yang hidup di permukaan kulit. HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Sedangkan, AIDS adalah gejala-gejala penyakit yang menyerang tubuh sesudah sistem kekebalan tubuh rusak oleh virus HIV. Biasanya, dapat ditularkan karena hubungan seksual, ibu menyusui sang anak, dan transfusi darah. Maka dari itu, sebaiknya ibu yang terkena HIV/AIDS tidak memberikan asi pada anaknya. Tidak hanya itu, masih ada pula hal-hal yang perlu diketahui. Pasangan yang ingin menikah atau mempunyai anak, sebaiknya berkonsultasi atau konseling pernikahan pada ahlinya.
   Lebih baik kita mencegah sebelum terlambat atau terkena virus atau infeksi-infeksi seksual. Bisa saja dengan menjaga kebersihan (terutama daerah intim), tidak bergonta-ganti pasangan dalam berhubungan, dan menggunakan alat kontrasepsi yang tepat. Tidak salah pula jika kita memeriksa atau mencoba mendeteksi secara dini, sebelum infeksi lebih bertambah parah. Dengan begitu, pasangan kita pun tidak akan tertular infeksi.
~ Jaga diri sendiri dan pasangan kita dari infeksi yang dapat menyerang… ;)

30 April 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar