Selasa, 04 Desember 2012

Lupus (Tiara Mareta)

     Sudah pernahkah Anda mendengar tentang Lupus? Bukan, ini bukan novel  Lupus (karya Hilman) pada jaman dulu.  Lupus yang ingin saya bahas di blog ini adalah penyakit lupus. Mungkin diantara kalian masih banyak yang belum mengetahui penyakit ini. Penyakit lupus adalah penyakit autoimun. Disebut autoimun karena pada penderita lupus, system pertahanan diri, yang disebut antibody bukannya melawan virus-virus berbahaya, malah jumlahnya berlebihan sehingga balik menyerang organ atau tubuh kita sendiri.
     Ada tiga jenis lupus, yaitu :
1. Lupus Eritematosus Sistemik (LES), dapat menimbulkan komplikasi seperti lupus otak, lupus paru-paru, lupus pembuluh darah jari-Jari tangan atau kaki, lupus kulit, lupus ginjal, lupus jantung, lupus darah, lupus otot, lupus retina, lupus sendi, dan lain-lain.
2. Lupus Diskoid, lupus kulit dengan manifestasi beberapa jenis kelainan kulit. Termasuk paling banyak menyerang.
3. Lupus Obat, yang timbul akibat efek samping obat dan akan sembuh sendiri dengan memberhentikan obat terkait. Umumnya berkaitan dengan pemakaian obat hydralazine (obat hipertensi) dan procainamide (untuk mengobati detak jantung yang tidak teratur).
     Gejala Penyakit Lupus adalah sebagai berikut:
1. Gejala umumnya adalah penderita akan sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, demam dan pegal-pegal.
2. Timbulnya gangguan pada pencernakan dan pada kulit sang penderita akan mudah gosong akibat terkena sinar matahari.
3. Penderita akan mengalami anemia, karena sel-sel darah merah akan hancur apabila mengidap penyakit ini.
4. Pada kulit penderita akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Dan ruam merah yang hampir menyerupai cakram dapat muncul di kulit pada seluruh bagian tubuh.
     Wanita lebih rentan 6-10 kali daripada pria, terutama pada usia 15-40 tahun. Bangsa Afrika dan Asia lebih rentan dibandingkan kulit putih. Dan tentu saja, keluarga Odapus.(orang dengan lupus)  "Timbulnya penyakit ini karena adanya faktor kepekaan dan faktor pencetus yaitu adanya infeksi, pemakaian obat-obatan, terkena paparan sinar matahari, pemakaian pil KB, dan stres," ujarnya. Penyakit ini kebanyakaan diderita wanita usia produktif sampai usia 50 tahun sekalipun ada juga pria yang mengalaminya. Oleh karena itu dianggap diduga penyakit ini berhubungan dengan hormon estrogen. Pada kehamilan dari perempuan yang menderita lupus, sering diduga berkaitan dengan kehamilan yang menyebabkan abortus, gangguan perkembangan janin atau pun bayi meninggal saat lahir. Tetapi hal yang berkebalikan juga mungkin atau bahkan memperburuk gejala lupus. Sering dijumpai gejala lupus muncul sewaktu hamil atau setelah melahirkan.
     Sekarang ini, sudah banyak artikel-artikel ataupun buku-buku yang banyak membahas tentang penyakit lupus. Bahkan sudah ada buku yang bercerita tentang bagaimana para odapus bangkit dan dapat survive dengan penyakit ini walaupun sudah divonis meninggal oleh para ahli, judul bukunya adalah “Cinta Membuatku Bangkit: Saat Lupus Berbunga Hikmah”. Semoga bermanfaat..!!
Sumber:
Penyakit lupus diambil dari http://mmcagus.blogspot.com/2012/01/penyakit-lupus.html

3 Desember 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar