Selasa, 04 Desember 2012

Kasih Orangtua Sepanjang Masa (Priska Aprilla)


Mungkin kisah mengharukan berikut ini pernah anda dengar. Konon di Jepang, pernah ada tradisi membuang orang yang sudah tua ke hutan. Mereka yang dibuang adalah orang tua yang sudah tidak berdaya, dengan tujuan agar tidak memberatkan kehidupan anak-anaknya.

Suatu hari seorang pemuda berniat membuang ibunya ke hutan. Ibunya lumpuh dan pikun. Ia menggendong ibunya menyusuri hutan. Sang ibu yang tidak berdaya semampunya berusaha menggapai ranting pohon kemudian mematahkannya di sepanjang jalan yang mereka lalui.

Sesampainya mereka di hutan, pemuda itu menurunkan ibunya dan mengucapkan kata perpisahan. Sesungguhnya ia berusaha menahan sedih, namun ia tega melakukan perbuatan itu. Sang Ibu dengan tegar berkata “Anakku, ibu sangat menyayangimu sejak kau kecil hingga dewasa. Bahkan hingga saat ini rasa sayang ibu terhadapmu tak berkurang sedikitpun. Sekarang pergilah, ibu sudah menandai sepanjang jalan yang kita lalui dengan ranting-ranting kayu. Ibu takut kau tersesat di jalan. Ikutilah tanda itu agar kau selamat sampai di rumah.”

Mendengar pesan sang ibu, si pemuda menangis histeris dan kemudian memeluk ibunya dengan erat. Ia  kembali menggendongnya dan membawanya pulang. Pemuda itu akhirnya merawat ibu yang sangat mengasihinya hingga  ibunya meninggal dunia.

Semoga kisah ini bisa menginspirasi kita, bahwa cinta seorang ibu tidak pernah habis hingga akhir hidupnya. Ibu yang dengan penuh cinta kasih yang tulus, mengandung, membesarkan dan merawat kita hingga kita dapat seperti saat ini. Akan tetapi seringkali ketika orangtua sudah berusia lanjut, sebagai anak banyak orang yang merasa keberatan untuk menjaganya. Banyak anak yang menitipkan orangtuanya untuk tinggal di panti jompo tanpa memikirkan bagaimana perasaan dan kenyamanan mereka. Hal yang seringkali dilupakan adalah orangtua tidak hanya butuh materi dari anaknya, tapi juga kebersamaan dan perhatian. Jika anak tidak mau merawat orangtua dengan berbagai macam alasan dan memilih untuk menitipkannya di panti jompo mungkin benar pepatah yang mengatakan "kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang jalan". Semoga di antara kita tidak ada yang seperti demikian yaa..

1 Desember 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar