Selasa, 04 Desember 2012

love your parents (Sifellina Tan)

apa yang terlintas dipikiran anda ketika keluar kata orangtua?? orang yang melahirkan kita??iya, orang yang mengasuh kita, orang yang mendidik kita. semua ini yang terlintas ketika mendengar kata orangtua. tetapi, banyak yang kita ketahui bahwa orang-orang yang melahirkan, mengasuh dan mendidik kita tersebut berada di salah satu rumah yang biasa kita sebut panti werda. begitu miris ketika melihat mereka disana, bagaimana perasaan mereka ketika anak yang selama ini dia lahirkan, dia asuh, dia didik memaksa atau membawa dia untuk tinggal berpisah dan harus tinggal di tempat yang begitu asing tanpa bersama dengan anak dan cucunya. pernahkah kalian memikirkannya? perasaan yang mereka rasanya begitu dalam, stress yang mengakibatkan depresi, merasakan terbuang oleh anak yang begitu mereka sayangi. setiap hari yang dilakukan mereka hanya menunggu kedatangan anaknya untuk membawa mereka keluar dari panti tersebut. apabila keinginan mereka atau bersedia untuk tinggal di panti werda, maka mereka akan dapat menikmati kehidupan tua mereka tanpa beban, tetapi apabila yang seperti saya katakan di atas maka mereka merasakan stress yang sangat mendalam sehingga kadang yang kita temui di panti werda ada beberapa nenek atau kakek yang sangat galak atau sebagainya. 
saya pernah berkunjung kesalah satu panti werda, ada seorang nenek yang sedang sakir tiba-tiba pada saat saya berkunjung dia memeluk saya dan mengatakan bahwa "nak, nama kamu siapa? kamu kenal anak saya?? tolong katakan ke dia kalau saya kangen dia, saya cemburu dengan nenek disebelah saya, anaknya selalu mengunjungi saya, saya kapan?" pada saat itu air mata langsung ingin menetes kebawah, begitu saya mempertahankan untuk tidak nangis didepan nenek tersebut. begitu miris yang dikatakan nenek tersebut, tidak pernah terbayangkan bagaimana orang-orang dapat memasukkan orangtua mereka disana. ada beberapa alasan yang diberikan, mereka cerewet sih, mereka kotor sering pipis sembarangan, mereka sering jalan sana sini. hei, pernahkah kalian memikirkan bagaimana kalian pada saat kecil pada saat kalian cerewet tidak mau makan karena sayurnya tidak enak, pada saat bayi buang air sembarangan, saat bisa berjalan lari kesana kemari, tetapi mereka tidak sedetik pun mengeluh akan hal ini, mereka dengan senang hati melakukannya. mari kita sedikit membalas apa yang mereka berikan kepada kita saat kita kecil, kita tidak dapat membalas sepenuhnya, mereka tidak pernah memintanta. tetapi, dengan kasih sayang dan cinta yang kita berikan, perhatian yang kita berikan, menurut mereka itu merupakan balasan yang sangat besar untuk mereka. so, love and care your parents. hal terindah adalah kebersamaan bersama keluarga.
 
3 Desember 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar