Rabu, 20 Februari 2013

Tips membina hubungan yang harmonis dan bahagia (Yessica Felicia Sutiono)


Setiap orang yang sedang menjalin sebuah hubungan tentu menginginkan sebuah hubungan yang harmonsi dan bahagia. Untuk membuat sebuah hubungan dapat berjalan dengan harmonis dan tentunya bahagia ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menjalin hubungan dengan pasangan. Tetapi sebelum mengetahui cara-cara apa saja yang dapat membuat hubungan menjadi harmonis dan bahagia kita harus memahami terlebih dahulu apa cinta itu sendiri. Mennurut Robert Stenberg cinta terdiri dari tiga unsur, yaitu gairah, keintiman, dan keputusan / komitmen. Selain itu John Alan Lee  juga menjelaskan bahwa ada enam tipe dasar dari cinta, yaitu : eros (romantic lover), ludus (game-playing lover), storge (quiet, calm lover), mania (crazy lover), pragma (practical lover), agape (selfless lover).
         Cinta didalam sebuah hubungan memiliki banyak jenis diantaranya yaitu, jenis cinta yang pertama adalah Romantic love yang ditandai dengan adanya kecemasan, ketertarikan hanya dari fisik dan adanya hasrat seksual . Dalam jenis ini kita dapat saja mengabaikan kesalahan dalam sukacita baru yang ditemukan dari sebuah kedekatan atau dengan kata lain kita mengidealkan pasangan meskipun sebenarnya pasanyan kita bukanlah seseorang yang baik. Dalam jenis cinta yang kedua ada Passionate love, sebuah hubungan yang dipenuhi oleh nafsu dan kedekatan seksual. Selanjutnya ada jenis cinta yang didalamnya bukan sekedar hanya ada kedekatan secara seksual saja tetapi lebih dari sekedar itu. Jenis cinta ini ditandai dengan cinta yang sepadan, saling mendukung, memberi, serta adanya kelekatan dan ingin bersama dengan orang yang disayangi, dan cinta itu berkembang karena adanya kecocokan sama lainya, jenis cinta ini disebut dengan companionate love.  selain itu kita pun harus mengetahui bahwa keintiman berkembang dimulai dengan memahami diri kita sendiri dan menyukai diri kita sendiri.

         Untuk menjalin sebuah hubungan yang harmonis kita seharusnya memiliki companionate love dalam menjalin sebuah hubungan. Tetapi saat ini banyak remaja cenderung mengalami cinta romantis dalam menjalin hubungan dengan pasangannya, padahal cinta bukan hanya sekedar mementingkan hubungan yang disadari oleh napsu belaka saja. Dalam menjalin hubungan ada beberapa hal-hal yang harus dimiliki oleh kedua pasangan, hal-hal tersebut komitmen, keprcayaan, kejujuran dan saling memahami. Dalam hal saling memahami ada hal yang harus diketahui, bahwa pengalaman seseorang dimasa bayi/masa kecil seseorang mengenai kedekatan ia dengan orangtau atau pengasuhnya akan berpengaruh dan terlihat ketika menjalin hubungan dimasa remaja ataupun ketika dewasa. Selain itu kita pun harus mengetahui komunikasi adalah hal yang penting dalam sebuah hubungan, dengan terjalinnya sebuah komunikasi yang harmonis maka hal itu pun akan mempengaruhi hubungan menjadi harmonis. Oleh karena itu kita harus memahami bahwa dalam hal  berkomunikasi laki-laki dan perempuan cenderung memiliki gaya yang berbeda. Pada laki-laki gaya komunikasi yang biasa di gunakan adalah report-talk yang dapat diartikan bahwa laki-laki dalam berkomunikasi cenderung menyampaikan apa yang hanya ingin dikatakan atau hanya berbicara pada inti permasalahan saja. Tetapi berbeda dengan apa yang ada pada perempuan, pada perempuan gaya komunikasi yang cenderung sering digunakan adalah rapport-talk yang dapat diartikan bahwa pembicaraan yang dilakukan oleh perempuan cenderung hanya untuk membangun suatu percakapan dan kata-kata yang digunakan lebih menyiratkan arti atau dengan kata lain bertele-tele tidak langsung pada inti pembicaraan yang ingin di sampaikan.

         Untuk menciptakan hubungan yang harmonis dan bahagia cobalah untuk memperkuat perasaan positif didalam diri pasangan kita dapat dengan cara memuji kelebihan yang dia miliki dengan demikian maka ia akan mengasihi kita dengan lebih baik. Hal ini sesuai dengan behavioral reinforcement theories menunjukkan bahwa kita mengasihi karena orang lain memperkuat perasaan positif dalam diri kita sendiri. Dalam menjalin sebuah hubungan membutuhkan usaha untuk mempertahankan perasaan suka kita terhadap pasangan kita hal ini harus dilakukan karena jika usaha tersebut terhenti maka akan muncul perasaan kesepian, cinta akan memudar dan tidak akan lagi ada keintiman dalam hubungan. Dari semua hal yang harus dilakukan untuk menciptakan hubungan yang harmonis dan bahagia ada 1 hal yang seharusnya tidak diciptakan atau tidak harus ada didalam sebuah hubungan, hal itu adalah jealous. Jealous merupakan suatu penyakit yang ditimbulkan karena kurangnya rasa percaya terhadap pasangan dan kekhawatiran yang timbul akibat rasa ketakutan kehilangan atau berpisah dari pasangan kita. Dengan munculnya perasaan jealous maka dapat mengganggu hubungan dan juga menciptakan pertengkaran atau kehancuran dari sebuah hubunga itu sendiri.

Demikian tips yang dapat saya tulis semoga dapat dipraktekan dan membawa manfaat....

19 Februari 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar