Rabu, 20 Februari 2013

Love?? (Sylvia Kristiani)


Ketika kita berbicara tentang cinta, ada banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang timbul. Terlebih saat seseorang sedang jatuh cinta, akan muncul berbagai pertanyaan di pikirannya, seperti “Mengapa saya dapat mencintai dia?”, “Sejak kapan saya mencintainya?”, Apakah saya benar-benar mencintainya?”, “Apakah ia pasangan hidup yang tepat untuk saya?”, dan berbagai pertanyaan-pertanyaan lainnya. Beberapa orang dapat menjawab pertanyaan tersebut, tetapi mungkin sebagian besar orang belum dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Bahkan para tokoh dan para ahli memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai cinta.
Cinta memang tidak bisa lepas dari keintiman dan kedekatan. Seperti yang terdapat dalam pepatah Jawa, cinta timbul karena biasa. Dua orang dapat saling menyukai dan mencintai karena seringnya interaksi di antara mereka. Namun, hal tersebut membuat saya menjadi berpikir mengenai orang-orang yang hanya berkenalan melalui dunia maya kemudian dapat saling jatuh cinta. Apa yang menyebabkan mereka saling jatuh cinta? Mungkin ada hal-hal lainnya yang menyebabkan hal tersebut.
Perkembangan zaman saat ini juga membuat banyak orang melakukan hal-hal yang menurut saya tidak benar hanya karena atas nama cinta, seperti melakukan hubungan seks di luar nikah. Mereka yang melakukan hal tersebut percaya bahwa hubungan seks adalah salah satu cara untuk membuktikan cinta mereka. Namun, bagi saya hal tersebut adalah cinta yang penuh dengan gairah dan nafsu (passionate love). Adanya pengaruh dari budaya Barat juga membuat hal tersebut semakin dianggap wajar, bahkan orang yang tidak melakukannya dianggap kuno.
Hal yang penting untuk saya dalam cinta adalah cinta yang sepadan, yang saling mendukung satu sama lain, saling memberi, dan dapat menjadi partner, seperti yang terdapat dalam companiate love. Selain itu, dibutuhkan juga cinta agape yaitu cinta yang tidak mementingkan diri sendiri, mengutamakan orang lain, dan menerima orang lain apa adanya. Mungkin itulah harapan sebagian besar orang, termasuk saya.

14 Februari 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar