Psikologi Industri dan Organisasi atau PIO itu adalah salah satu bidang yang terdapat dalam ilmu Psikologi. Dalam suatu organisasi atau juga sebuah perusahaan pastilah kesejahteraan pekerja harus diperhatikan dengan baik, tidak hanya menuntun output yang menguntungkan bagi perusahaan saja tetapi perusahaan yang baik harus mengerti apa yang dibutuhkan kedua belah pihak yaitu pekerjanya dan juga kebutuhan perusahaan. Nahhh disinilah bagian PIO mulai bekerja...
Bidang PIO ini diharapkan bisa mencari dan membina pekerja dengan baik, ketika melakukanrecruitment PIO harus peka dengan calon pekerjanya. Biasanya teknik wawancara digunakan untuk mengetahui karakteristik pelamar, tetapi sering juga dijumpai pelamar kerja yang selalu menunujukkan kebaikannya ketika diwawancara supaya bisa diterima kerja. Hal ini juga harus lebih diperhatikan oleh interviewersupaya tidak terkecoh dengan "gombalan-gombalan" dari para calon pekerja. Interviewerharus lebih cermat dengan jawaban yang diberikan oleh interviewee, apakah karakteristiknya sesuai dengan posisi pekerjaan yang dibutuhkan di perusahaan atau mungkin calon pekerjanya memiliki kemampuan yang baik tetapi tidak sesuai dengan karakteristik yang dibutuhkan perusahaan, oleh sebab itu interviewer biasanya sudah melakukan observasi dari pertama kali bertemu dengan calon pekerja, supaya lebih akurat dalam memberikan penilaian. Contohnya dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika kita sedang ditawarkan barang oleh sales di tempat perbelanjaan, sales itu pasti akan sangat membanggakan barang yang dia jual supaya kita mau membelinya. Padahal kalau kita cermati kembali mungkin barang tersebut tidak sebaik yang disampaikan oleh sales tersebut atau barang itu sebenarnya bukan barang yang kita butuhkan. Jadi para interviewer untuk recruitment harus cermat sehingga bisa mendapatkan pekerja yang sesuai dengan kebutuhan.
Recruitment itu hanyalah salah satu dari banyak tugas yang bisa dikerjakan oleh bagian PIO. Selain harus memilih pekerja yang sesuai dengan kebutuhan, PIO juga harus memperhatikan pekerja yang sudah ada di perusahaan. Kalau ada pepatah kalau tak kenal maka tak sayang, mungkin pepatah tersebut sesuai dengan orang yang bekerja dalam bidang ini, karena PIO harus lebih banyak mendengarkan para pekerjanya dibandingkan harus lebih banyak berbicara. Untuk mengetahui keadaan dari para pekerjanya sebaiknya langsung ke lapangan membaur dengan para pekerja, sehingga bisa melihat secara nyata apa yang dirasakan oleh para pekerjanya, kebutuhan apa yang belum terpenuhi, dan juga mungkin bisa melihat pandangan pekerjanya terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Kesejahteraan para pekerja itu sangatlah penting, walau terkadang mungkin tuntutan para pekerja sulit untuk dipenuhi, baiknya bidang PIO dalam perusahaan tersebut mencari jalan yang terbaik bagi pekerja dan perusahaan, karena kalau para pekerjanya sejahtera tidak menutup kemungkinan perusahaan juga akan ikut
sejahtera :)
26 April 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar