Pengertian Gadget
Menurut Kamus Bahasa Inggris-Indonesia, gadget berarti alat atau perangkat. Gadget adalah alat yang praktis, mudah dibawa kemana-mana (Echols & Shadily, 2010).
Menurut wikipedia (2010), gawai (dalam bahasa Inggris: gadget) adalah suatu perantiatau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis yang secara spesifik dirancang lebih canggih dibandingkan dengan teknologi yang diciptakan sebelumnya.
Berbagai Masalah yang Ditimbulkan akibat Penggunaan Gadget
Saat ini perkembangan gadget di Indonesia maupun dunia semakin pesat sesuai dengan keadaan jaman. Seperti kita lihat, dalam satu bulan saja kita bisa melihat berbagai macam jenis gadget dengan segala aplikasi yang ada. Ini disebabkan karena gadget selalu mengutamakan perkembangan teknologi modern masa kini. Macam-macam gadget yang paling sering digunakan adalah (a) handphone, (b) laptop, (c) tablet pc, (d) kamera digital, dan (e) pemutar media player.
Banyak sekali gadget keluaran terbaru dengan menampilkan berbagai fitur dan aplikasi yang lengkap, sehingga membuat para penggunanya menjadi kecanduan. Tidak hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anak pun ikut menjadi pecandu gadget. Anak-anak usia dini yang belum sekolah, ditambah dengan orangtua yang kaya dan sibuk bekerja akan cenderung memilih gadget sebagai teman bermainnya. Sebagian besar alasan orangtua memberikan gadget pada anak-anak di bawah umur adalah supaya anak tersebut senang karena ada teman di “dunia maya”nya. Namun seperti kita ketahui bahwa pengaruh gadget yang terjadi lebih banyak berdampak negatif daripada dampak positif. Hal ini dikarenakan peran orangtua yang sangat minim dalam mengawasi dan mengontrol anaknya yang sedang bermain gadget. Kurangnya pengetahuan tentang kegunaan gadget yang sesungguhnya menjadi alasan kedua mengapa gadget berdampak buruk bagi anak.
Pengaruh Gadget bagi Perkembangan Anak
Pengaruh positif gadget. Perkembangan teknologi, seperti gadget yang semakin maju tidak selalu berdampak negatif bagi para penggunanya, khususnya untuk anak-anak. Gadget bisa berdampak positif atau negatif tergantung dari cara menerima dan menggunakan pada anak dan tentunya peran orangtua termasuk didalamnya. Faktor lingkungan dan budaya juga memengaruhi seorang anak dalam bermain gadget. Jika lingkungan sekitar dan teman sebayanya pasif, anak akan cenderung menyukai gadget. Namun bila lingkungannya aktif sehingga mengharuskan anak untuk ikut ambil bagian dalam lingkungan, akan membuat anak tidak tercandu pada gadget.
“Dikatakan bahwa teknologi memiliki sifat memberdayakan yang bisa mendorong anak untuk melakukan inovasi baru, sehingga masa depan mereka cenderung lebih cerah. Ada juga manfaat lain gadget seperti game PC yang memungkinkan adanya kekuatan kolaborasi anak dalam suatu tim” (Putra, 2013).
Pengaruh positif lainnya dari penggunaan gadget, yaitu: (a) gadget akan membantu anak supaya bisa menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sekitarnya dan perkembangan zaman, (b) informasi dapat dengan mudah dicari melalui internet yang ada pada aplikasi gadget, (c) membantu anak untuk mengerjakan tugas-tugas sekolahnya, (d) sebagai sarana dan prasarana komunikasi karena aplikasi dalam gadget seperti jejarig sosial, dan (e) membantu anak mengabadikan suatu fenomena melalui foto atau video.
Pengaruh negatif gadget.
Terhadap perkembangan fisik anak. Menurut Crowan (dikutip olehhuffingtonpost.com, yang dikutip lagi oleh Kartika, 2014) ada beberapa pengaruh negatif penggunaan gadget bagi perkembangan fisik anak, yaitu (a) pertumbuhan otak anak yang terlalu cepat, (b) perkembangan sensori-motorik terhambat, (c) obesitas, (d) mengalami gangguan tidur, (e) pikun digital, (f) penurunan daya konsentrasi dan ingatan, (g) terkena paparan radiasi, dan (h) kurang mampu berbahasa dengan baik.
Terhadap perkembangan sosial anak. Gadget tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan fisik anak saja, tetapi juga memengaruhi perkembangan sosial anak. Berikut ini beberapa pengaruh negatif gadget terhadap perkembangan sosial anak, yaitu (a) anak kurang bisa berinteraksi sosial secara nyata dengan baik, (b) anak cenderung menjadi pemalu dan penyendiri, (c) anak menjadi tidak disiplin, (d) anak menjadi kurang perhatian dan berempati kepada orang lain, (e) bisa menjauhkan anak dari orangtua atau saudaranya, (f) anak akan sulit menerima kenyataan yang ada karena gadget selalu menampilkan hal yang tidak nyata (maya), (g) anak menjadi tidak bisa bersosialisasi dengan baik terhadap lingkungannya, (h) anak cenderung antisosial, dan (i) anak cenderung berprasangka negatif terhadap orang lain.
Cara untuk Mengurangi Ketergantungan Anak pada Gadget
Menurut psikolog. Menurut Ferliana, (dikutip oleh Prianggono, 2011) ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi ketergantungan anak pada gadget, yaitu (a) pilih gadget yang sesuai dengan usia anak, (b) batasi waktu anak untuk bermain gadget supaya tidak kecanduan, (c) batasi penggunaan aplikasi negatif pada gadget, (d) waspada antisosial pada anak yang suka bermain gadget, dan (e) hindari kecanduan anak pada gadget.
Menurut non-psikolog. Cara lain yang bisa orangtua lakukan adalah (a)menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak, (b) mendorong anak untuk aktif diberbagai kegiatan, (c) menyeimbangkan waktu, dan (d) tidak memberikan ponsel saat anak masih terlalu kecil (Husnantia, 2014).
Daftar Pustaka
Echols, J. M., & Shadily, H. (2010). Kamus bahasa Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Gawai. (2010). Diunduh dari http://id.wikipedia.org/wiki/Gawai
Husnantiya, M. (2014, Februari 4). 5 langkah mudah untuk atasi kecanuan ponsel pada anak. Diunduh darihttp://health.detik.com/read/2014/02/04/200130/2487388/1301/2/5-langkah-mudah-untuk-atasi-kecanduan-ponsel-pada-anak
Kartika, U. (2014, Mei 12). 10 alasan anak perlu lepas dari gadget. Dalam L. K. Anna (Ed.), Kompas. Diunduh darihttp://health.kompas.com/read/2014/05/12/1640161/10.Alasan.Anak.Perlu.Lepas.dari.Gadget
Putra, L. K. (2013, September 9). Dampak positif dan negatif gadget. Diunduh darihttp://www.vemale.com/topik/parenting-dan-bayi/34664-dampak-positif-dan-negatif-gadget.html
Prianggono, H. (2011). Anak dan gadget: Yang penting aturan main. Nakita. Diunduh darihttp://www.tabloid-nakita.com/read/1/anak-dan-gadget-yang-penting-aturan-main
Tidak ada komentar:
Posting Komentar