Definisi Media Sosial
Berikut definisi media sosial dari beberapa sumber:
Menurut Wikipedia. “Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.” (id.wikipedia.org)
Menurut KBBI. Media adalah alat, sarana komunikasi, perantara atau penghubung, sedangkan sosial adalah sesuatu yang berkenaan di masyarakat. Jadimedia sosial adalah sarana komunikasi yang berkenaan di masyarakat. (kbbi.web.id)
Contoh Media Sosial yang Populer.
Berikut contoh media sosial yang banyak digunakan masyarakat di dunia:
Facebook. Facebook adalah layanan media sosial yang memungkinkan orang-orang untuk mencari dan menambahkan baik orang yang dikenalnya ataupun tidak menjadi teman untuk chatting, berbagi informasi, foto, dan lain lain. (id.wikipedia.org)
Twitter. Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet).
Instagram. Instagram adalah sebuah aplikasi membagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.
Path. Path adalah adalah sebuah aplikasi jejaring sosial pada smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar, lokasi dan juga pesan.
Pengguna Media Sosial.
Menurut jenis kelamin.
Pria. 62% dari pria memiliki dan menggunakan media sosial.
Wanita. 71% dari wanita memiliki dan menggunakan media sosial.
Menurut usia.
Remaja-Dewasa Muda. Sekitar 83% dari populasi remaja hingga dewasa muda di dunia yang berusia 18 hingga 29 tahun.
Dewasa. Sekitar 70% dari populasi orang dewasa yang berusia 30 hingga 64 tahun di dunia.
Manula. Sekitar 32% dari orang tua lanjut usia (65+) di dunia.
Dampak Media Sosial.
Positif. Beberapa dampak positif media sosial:
Sebagai tempat promosi. Dengan banyaknya orang yang menggunakan jejaring sosial, membuka kesempatan kita untuk mempromosikan produk/jasa yang kita tawarkan.
Ajang memperbanyak teman. Dapat menambah teman baru maupun relasi bisnis dengan mudah.
Sebagai media komunikasi. Mempermudah komunikasi kita dengan orang-orang, baik dalam maupun luar negeri.
Tempat mencari informasi. Banyak juga instansi pencari berita yang menggunakan media sosial sebagai media penyebarannya.
Tempat berbagi. Dengan fitur yang ada pada media sosial kita dapat dengan mudah saling bertukar data baik foto, dokumen, pesan suara, dll.
Negatif. Dampak negatif media sosial:
Munculnya tindak kejahatan. Banyak orang yang menggunakan media sosial untuk melakukan tindak kejahatan seperti penculikan dan penipuan.
Mengganggu relasi. Dapat menyebabkan terputusnya hubungan dengan orang lain di dunia nyata melalui apa yang disampaikan di media sosial.
Menimbulkan sifat candu. Media sosial dapat menimbulkan sifat candu yang membuat pengguna menutup diri dan menjadi keterbelakangan secara sifat di dunia nyata.
Sarana pornografi dan judi. Dimanfaatkan juga oleh orang-orang sebagai penyebaran judi dan pornografi, yang bisa diakses oleh orang dari berbagai kalangan dan usia termasuk anak di bawah umur.
Kesimpulan.
Media sosial memiliki dampak yang besar baik untuk pria maupun wanita dari berbagai usia dari remaja hingga orang tua. Pada dasarnya, media sosial bermanfaat sebagai sarana berbagi, mencari informasi, dan mencari teman jika digunakan dengan benar. Namun jika disalahgunakan juga dapat menimbulkan dampak buruk yang merugikan pengguna.
Saran.
Pergunakanlah media sosial dengan baik dan benar dengan menjaga tingkah laku dan membatasi hal-hal yang pantas maupun tidak pantas untuk dilihat. Berpikir kritis dan jangan terlalu percaya dengan segala sesuatu di media ini karena belum tentu terjamin kebenarannya.
DAFTAR PUSTAKA
Facebook, Twitter, Instagram, Path, Media Sosial. (2014). Diunduh darihttp://id.wikipedia.org
Lukman. (2013, 9 Desember). Diunduh darihttp://bukukotakkotak.blogspot.com/2013/12/dampak-positif-dan-negatif-menggunakan.html
“Media” dan “Sosial” (2000). Diunduh dari http://kbbi.web.id
Piombino, K. (2013, December 27). Diunduh darihttp://www.ragan.com/Main/Articles/61641a16-fa54-4397-9fbb85e1d8f63fad.aspx
Tidak ada komentar:
Posting Komentar