Kamis, 29 Agustus 2013

Love and Intimacy (Handayani)

Pasti sering kan liat orang-orang yang berpasangan atau berpacaran ? Entah di sekolah, kampus, pinggir danau, atau tempat-tempat lainnya.. Pertanyaannya adalah .... *jeng jeng jeng jeng* kapan anda berhenti menjadi jomblo ngenes ? Hahaha.. Ya bukan itu lah pertanyaannya.. :p

Pernahkah anda berpikir, mengapa orang-orang berpacaran? Apa yang menjadi dasar mereka berpacaran? Mengapa ada kata putus, bercerai, pernikahan dan sebagainya?

Hari ini saya belajar mengenai cinta dan intimnya sebuah hubungan di kelas Perilaku Seksual pertemuan pertama. Banyak jenis-jenis cinta, salah duanya yang saya ingat, romantic love dan companionate love. Nah, banyakan orang maunya dan jalaninnya romatic love, yang sayang-sayangan lah, itu loh yang suka pukul-pukul manja pasangannya. Romantic love memiliki dorongan seksual  juga tentunya. Sedangkan companionate love, itu bukan cinta biasa (eaa, kaya judul film aje yak), companionate love itu lebih menunjukkan ke rasa sayang yang tulus, bukan cuma sekedar dorongan seksual. Lebih care dan berkomitmen sama pasangannya. :) Nah, hidup harus realistis, ga bisa hidup cuma makan cinta atau ngikutin Cinderella yang Happy Ever After, emang ente tau kelanjutan Cinderella season 2 ? Hidup ga selalu romantis bro, tapi ga berarti bau amis  juga ya. :D

Menurut Stenberg, ada 3 fondasi cinta yang biasa disebut "Triangle Love". Apa aje penonton? Yak ! Betul sekali, ada komitmen, passion, dan intimacy. Idealnya ya dalam berpasangan memiliki 3 hal tsb. Tapi jarang kan yang bener-bener ideal? Jangankan 3 hal tsb, dari fisik aja ada yang ganteng tapi bego, ada yang bego tapi kaya. Namanya hidup, nothing is perfect, except God, right ?

Nah, kenapa sih anak jaman sekarang beda sama orang dulu, kalo sekarang banyakan putus nyambung, nikah cerai ? udah gitu gampang banget lagi ngomongnya, kaya ga diayak dulu. (terigu kali ye diayak -_-) hahaha..

Orang-orang jaman dulu itu komitmen banget sama pernikahannya. Yah, walaupun ga cinta, tapi cinta bisa tumbuh seiring berjalannya waktu (suit suit). Dan orang jaman dulu, ga banyak nuntut bro. Orang-orangnya nerimo, cara hidupnya lebih sederhana, ga kaya sekarang yang lenje, manja, banyak maunya, punya cowo tajir lah yang kemana-mana bawa ferari. Apa kabar kalo itu cowo inget bawa mobil, tapi ga inget bawa dompet ? Batal dibayarin makan kan lu ? Hahaha..

Udah gitu, sekarang udah emansipasi wanita boy, kadang pendapatan cewe lebih gede daripada lakinya. Mending kalo cewenya baik hati, rajin menabung, dan suka menolong ? Kalo balik nginjek lakinya ? Atau lakinya ngerasa rendah diri karena penghasilannya lebih rendah ? Itu bisa menimbulkan kekerasan dalam rumah tangga loh temen-temen. Entah istrinya dipalak suaminya atau suaminya depresi gara-gara kalah penghasilan.

Jadi untuk mempertahankan hubungan tuh harus gimana sih sebenernya ? Gampang aja kok, Cinta itu butuh USAHA. Ngomong ga segampang praktek ya hehe.. Ga bisa deh yang instan atau ga dijaga. Mulai dari lu suka, lanjut berkomitmen, tunangan, nikah, sampe tua (amin), kalo ga dijalanin pake usaha ya ga bisa awet. Sekarang lu pacaran sama cewe cantik atau ganteng, ntar kalo udah nikah, ketauan kalo suami lu jorok, buang sampah dimana-mana, trus langsung cerai ? Trus kalo udah tua, tangan udah mulai gemeteran, makan aja berantakan, kulit udah keriput sana-sini, masih niat cerai juga ?

Balik lagi ke 3 fondasi tadi, pasangan yang sudah tua, umumnya udah ga pusing deh soal intimacy, yang menguatkan mereka adalah komitmen. Itulah kenapa kita masih bisa liat kakek nenek yang berjalan beriringan sampai sekarang.

Dan kenapa sih kita bisa suka dengan orang lain? Secara biologis ada yang namanya pheromone/feromon dalam tubuh kita, jadi feromon itu menimbulkan sinyal yang dihasilkan dari neurotransmitter dan otak, yang bikin kita suka sama seseorang. Oleh karena itulah kita ga suka sama semua orang.

Kalo udah suka, biasanya tumbuhlah kasih sayang. Kenapa sih kita berbagi kasih dengan orang lain ? Secara emosional, kalo kita pernah disayang, dipedulikan, dicintai, tau kalo dicintai itu nyaman, ketika ada orang yang perhatian dengan kita, maka kita akan mencoba untuk berbagi kasih sayang pada orang lain. Lain cerita kalo dari kecil, kekurangan kasih sayang dan feeling insecure attachment dari caregivernya. Boro-boro peduli sama lingkungan, peduli sama temen aja belom tentu.

Jadi, sudahkah Anda memberi kasih sayang yang tulus pada orang yang Anda sayangi dan menyayangi Anda ?

Anda bisa melakukan sesuatu tanpa cinta, tapi apabila anda cinta tentu Anda bisa melakukan sesuatu - Ibu Henny Wirawan

Semoga bermanfaat :)

23 Agustus 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar