Kamis, 29 Agustus 2013

Cinta is Love, not that easy.(Bella Remia)

     "Cinta", sebenarnya apa arti dari kata tersebut? Ada yang dapat mendeskripsikannya dengan bahasa yang jelas dan bukti yang kuat? Menurut saya secara pribadi, "Cinta" itu sesuatu yang fiktif dan maya, sesuatu yang hanya dapat dirasakan kehadirannya tetapi tidak dapat dibuktikan keadaanya.  Para ahli kognitif mengatakan bahwa "Cinta itu ada karena Anda berpikir bahwa Cinta itu ada". Saya sepenuhnya setuju dengan hal ini. Segala jenis perasaan itu ada karena Anda berpikir bahwa Anda memiliki perasaan itu. Tidak ada hal yang dapat muncul dengan sendirinya tanpa melalui proses kognitif terlebih dahulu. Karena hal inilah maka banyak orang mengatakan bahwa otak adalah hal yang paling luar biasa dari diri manusia. Sekali lagi saya setuju dengan hal ini. Cinta itu bukan sesuatu yang dapat dibuktikan secara ilmiah. Cinta itu adalah insting primtif manusia yang sudah ada sejak zaman manusia pertama hingga sekarang. Cinta itu sifat dasar manusia sedangkan sifat jelek lain seperti benci, dengki, iri, kejam dan sebagainya adalah hasil pembelajaran. Kenapa saya berkata demikian? Karena cinta itu bisa membuat manusia merasakan luka dan sakit yang sangat dalam meskipun cinta tidak memiliki wujud fisik yang nyata untuk melakukan hal tersebut. Rasa sakit tersebutlah yang lama kelamaan membuat manusia untuk menumbuhkan sisi jahat dalam dirinya dengan tujuan untuk melindungi hatinya. Setuju? Benar? Belum tentu, itu hanya pendapat saya secara pribadi.
     Kata orang,  Cinta itu mirip dengan Kentut. Nyesek kalau ditahan tetapi malu kalau dikeluarkan. Nyatanya dalam dunia realitas, Cinta itu perlu diungkapkan sehingga manusia sadar akan kehadirannya. Pengungkapan atas nama cinta bukan hanya dilakukan kepada orang lain, tetapi juga kepada Anda sendiri. Karena apabila Anda tidak mengungkapkan dan mengakui si cinta kepada diri Anda sendiri, selamanya Anda akan meyangkal keberadaanya. Kembali lagi ke teori yang diungkapkan para ahli kognitif tadi. Setelah Anda mengakui keberadaan cinta dalam diri Anda, Anda kemudian ingin juga mengungkapkan perasaan tersebut kepada orang yang Anda pikir Anda cintai. Pengungkapan si Cinta kemudian akan membawa Anda ke jenjang hubungan yang selanjutnya (kalau di terima pasangan, kalau tidak di terima yah nasib Anda). Jika Anda sudah tahu bahwa si cinta hadir dalam diri Anda tetapi Anda tidak mengungkapkannya kepada orang yang Anda pikir Anda cinta, maka selamatlah Anda. Selamat bahwa perasaan Anda selamanya tidak akan terbalas karena pasangan Anda bukan dukun yang bisa baca pikiran.
     Jenjang selanjutnya setelah Anda mengungkapkan cinta adalah pacaran (bisa jadi pacaran, bisa jadi langsung nikah). Banyak orang yang berhenti melakukan pengejaran (chasing) setelah mendapatkan orang yang dia inginkan untuk menjadi pasangan hidupnya. Mereka berhenti melakukan hal-hal yang mereka lakukan pada saat melakukan pendekatan, mereka berhenti mengirimkan sms good morning and good night, mereka berhenti memberikan perhatian yang biasanya rutin mereka berikan, serta hal-hal sweet lainnya. Padahal faktanya, cinta itu perlu usaha. Usaha apa? Usaha untuk mempertahankan rasa cinta itu agar tetap ada. Cinta itu sebentuk perasaan yang ada karena Anda berpikir dia itu ada. Ketika Anda sudah bosan, sudah lagi kehilangan ketertarikan, maka pikiran akan adanya cinta itu juga akan berangsur-angsur pudar. Terus apa yang menjadi kunci bertahannya sebuah hubungan? Tidak lain tidak bukan adalah Komitmen. Komitmen Anda kepada pasangan, komitmen Anda untuk menjaga agar cinta itu tetap ada. Zaman sekarang ini orang dapat dengan gampang menjual janji, menawarkan komitmen yang hanya bersifat semu dan sementara. Tidak heran, banyak orang putus dan cerai seenak jidat mereka. Apa susahnya? Tinggal tanda tangan di atas hitam putih yang bercap materai terus sidang. Sudah selesai, cari lagi pasangan baru. Tidak cocok? Ulangi lagi tindakan yang saya sebutkan. Moral dan omongan orang sudah bukan lagi masalah. Susah cari pasangan baru habis bercerai? Itulah peran media sosial yang sangat booming sekarang. Apa gunanya WeChat, Kakao Talk, Line, WA, dan kawan-kawannya itu? Manusia pada abad 21 ini maksimum dalam menawarkan cinta tetapi minim dalam hal berkomitmen.
     Anda percaya kekuatan cinta? Cinta murni tanpa terbatas atau yang terkenal dengan "Agape" ? Menurut saya, cinta agape itu adalah cinta terhadap kepribadian orang tersebut, cinta dengan apa adanya dia bukan dia adanya apa. Ketika Anda jatuh cinta kepada keseluruhan orang tersebut, segala sesuatu yang dia perbuat menjadi indah karena itulah dia, diri dia seutuhnya. Meskipun dia akhirnya berselingkuh, berubah menjadi orang yang samasekali Anda pikir bukan dirinya, ketika dia tidak lagi memperlakukan Anda seperti pada awalnya ia memperlakukan Anda, Anda tetap cinta. Cinta atau bodoh? Yah, cinta sama bodoh beda tipis sih ya. Menurut saya itu cinta murni. Cinta seseorang secara keseluruhannya dia, sisi jeleknya maupun sisi baiknya. Seutuhnya Anda menerima hal-hal jelek dalam dirinya sebagai bagian dari dirinya. Masalahnya sekarang, ketika Anda dapat mencintai seseorang sedemikian rupanya, apakah orang tersebut juga dapat memberikan hal yang serupa? Jawabannya? Hanya dia dan Tuhan yang tau. Every falls will make you hurt. Jadi ketika Anda memutuskan untuk jatuh cinta, bersiaplah juga untuk sakit hati. Cinta dan sakit hati itu sudah merupakan 2 hal yang tidak dapat lagi terpisahkan. Tidak jarang sih, orang yang dulunya baik hati, cinta Tuhan, sayang orang tua, dan rajin menabung tiba-tiba berubah menjadi tukang selingkuh, tukang maki pacar, tukang teriak dan sebagainya karena pernah tersakiti oleh cinta. Lebih baik dia menyakiti daripadi dia tersakiti. Apa yang dapat kita lakukan untuk orang seperti itu? Doain sajah, bawa ke psikolog untuk konsul agar dia kembali seperti dulu. Menurut saya, kita hanya perlu mengerti. Belajar untuk mengerti orang lain. A heartless once care too much. Selalu ada alasan dibalik perubahan seseorang. Manusia itu berubah biasanya karena 2 hal. Yang pertama adalah karena ia telah banyak belajar, yang kedua adalah karena ia telah banyak terluka. Apabila cinta hanya berdiri sendiri, manusia yang menjadi wadah cinta itu akan penuh luka, penuh darah.
     Orang selalu bilang, fall in love but take your brain with you. Cinta itu perlu dilindungi, salah satunya dilindungi oleh otak. Makanya jangan mau dibodohi cinta atau lama-lama Anda bisa bunuh diri. Segala macam rasa cemburu yang rasanya sakit setengah mampus. Cemburu? Cemburu itu karena takut milik kita di rebut orang? Cemburu itu adalah bentuk ketidakpercayaan diri. Tidak percaya diri bahwa pasangan kita hanya akan memantapkan hatinya untuk kita. Cemburu itu sebenarnya hanya ketakutan yang terjadi dalam diri kita sendiri, rasa tidak aman, dan kita kemudian marah-marah kepada pasangan kita untuk melindungi dan menghilangkan perasaan tidak enak yang muncul dalam diri kita. Coba Anda renungi deh. Cemburu karena ingin merasa spesial, ingin diekslusifkan, ingin dinomorsatukan. Itu kehendak pribadi dan kita memaksa pasangan kita untuk melakukan hal tersebut. Cemburu itu adalah sisi keogisan diri kita bukan merupakan bentuk dari cinta. Yah memang sih, kita cuma bisa cemburu karena orang tersebut penting bagi kita. Sama juga dengan galau, kita cuma galau karena orang tersebut penting bagi kita. Pertanyaannya adalah, ketika kita mencintai seseorang apakah mereka juga diwajibkan untuk mencintai kita? Tidak. Cinta itu adalah ketika kita sanggup merelakan orang yang kita cintai itu untuk bahagia meskipun bukan dengan kita (sudah kayak drama korea). Sakit? Iya, sangat. Tetapi itulah wujud cinta yang seharusnya. Sisi menginginkan orang yang kita cinta untuk menjadi miliki kita seorang adalah bentuk keegosian kita. Dan tidak dapat dipungkiri, semua orang memiliki sisi egoisnya karena itu cerita cinta seperti drama korea hanya ada dalam televisi.
     Jadi apa kesimpulannya? Love truly, ready to hurt. Pain will gone, scratch will remain forever but it is a prove that we are alive. You may be broke, you may be have a big hole in your heart, you may feel that world is leaving you alone, but remember it is not the end of your world. When you fall down, you may lay on the floor for a moment, but remember to wake up and keep on moving. Don't you ever make someone as your everything, cause when you lose them, you will just have nothing. No matter how much pain you ever feel, just keep on love truly. Yes, you may feel a thousand more hurt and a thousand more scratch in you heart, but it is your only key to find true love. Cause, only who love truly will find their true love. And keep your commitment after you find your other half, cause the best may not come twice. Good luck, Love.

24 Agustus 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar