Senin, 04 November 2013

Kerja Paruh Waktu (Amelia - 705130067)

Definisi Kerja
     Kerja adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh individu dengan maksud memperoleh atau membantu memperoleh pendapatan atau keuntungan.
Definisi Kerja Paruh Waktu
    Kerja paruh waktu (part time) is a form of employment that carries fewer hours per week than a full-time job. Workers are considered to be part-time if they commonly work fewer than 30 or 35 hours per week ("Part Time," 2013).
     Berdasarkan definisi di atas, dapat disimpulkan pengertian kerja paruh waktu adalah suatu pekerjaan yang tugasnya hanya dalam sebagian waktu dari ketentuan waktu kerja atau hari kerja normal, misalnya orang yang ditunjuk staf ahli atau jabatan lain pada suatu perusahaan yang hanya bekerja tiga hari dalam seminggu.
     Pada era modern seperti ini, setiap individu tentunya memerlukan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya maupun keluarganya. Untuk memperoleh pekerjaan yang baik, diperlukan tingkat pendidikan yang tinggi. Zaman sekarang ini banyak lulusan sarjana yang tidak memiliki pekerjaan atau pengangguran. Oleh karena itu, banyak individu yang kuliah sambil bekerja sampai menunggu kelulusan. Sebagian individu bekerja paruh waktu adalah untuk menambah bahan untuk skripsinya dan ada juga yang bekerja untuk menambah penghasilan untuk melanjutkan ke S-2, serta ada juga yang bekerja hanya sekadar untuk menyalurkan hobi.
Faktor yang Memengaruhi Kerja Paruh Waktu
     Faktor ekonomi. Di era modern sekarang ini diperlukan pendidikan yang tinggi untuk mempunyai suatu pekerjaan yang mapan. Keluarga yang kurang mampu pun terpaksa membiayai pendidikan untuk anaknya sehingga kelak dapat memiliki pekerjaan yang mapan untuk membiayai hidup keluarganya. Sebagian individu yang lahir dari keluarga kurang mampu, ia menyisihkan sebagian dari waktunya untuk bekerja sambilan. Hal ini ia lakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan membantu keluarganya dalam membiayai pendidikannya.
     Faktor hobi. Sebagian individu ada yang memiliki hobi untuk bekerja. Segala cara ia lakukan demi menyalurkan hobinya, misalnya dengan jualan online melalui jejaring sosial. Individu juga dapat menjadi reseller. Pekerjaan seperti ini juga dapat menghasilkan uang.
     Faktor tipe pekerjaan. Pada era ini banyak pekerjaaan yang kerjanya tidak menghabiskan banyak waktu atau tidak memerlukan waktu yang total, misalnya menjadi reseller, guru panggilan atau tutor, dan lain-lain. Pekerjaan seperti ini dapat membantu pekerja paruh waktu dalam mendapatkan uang (Apriyani, 2012).
      Faktor individu. Ada individu yang tidak bisa berkarya di satu tempat, tidak suka keterikatan, dan senang pada perubahan. Merekalah yang mengisi posisi-posisi pekerjaan lepasan. Di sisi lain, ada seseorang yang tidak nyaman terhadap sesuatu yang tidak pasti (Apriyani, 2012).
     Faktor lingkungan. Indivudu yang tumbuh dalam keluarga yang anggotanya memilih untuk bekerja penuh-waktu akan cenderung pula memilih pekerjaan yang serupa, vice versa. Ada pula individu yang hidup di lingkungan sosial yang akrab dengan kehidupan para pekerja lepasan, akan sangat mungkin juga terjun menjadi seorang freelancer (Apriyani, 2012).
Manfaat Kerja Paruh Waktu
     Bagi diri sendiri. Anda dapat menambah pengalaman bekerja, sehingga jika anda bekerja sebagai pekerja tetap di suatu perusahaan Anda sudah memiliki pengalaman sebelumnya. Anda juga dapat memiliki penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda.
     Bagi keluarga. Bagi individu yang mempunyai keluarga kurang mampu, individu tersebut dapat membantu keuangan dalam keluarga.
Jenis-jenis Pekerjaan Kerja Paruh Waktu
     Penerjemah atau Translator. Pekerjaan ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk individu atau mahasiswa mendapatkan penghasilan tambahan. Syaratnya adalah individu harus dapat menguasai berbagai bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Arab, Mandarin, dan sebagainya. Pekerjaan seperti ini tidak mengharuskan individu untuk ke tempat kerja, melainkan individu dapat dilakukan dir umah (Saripudin, 2013).
     Tutor. Salah satu pekerjaan baik bagi mahasiswa adalah menjadi tutor atau guru panggilan. Pekerjaan seperti ini tentunya individu harus mempunyai keterampilan khusus, misalnya dengan menjadi tutor bermain gitar, les matematika, les bahasa asing, dan sebagainya (Saripudin, 2013).
     Pekerja seni. Anda mempunyai bakat dalam hal bernyanyi atau bermain musik. Bakat Anda dapat disalurkan dengan menjadi penyanyi disebuah cafe atau restoran. Pekerjaan ini dapat menambah penghasilan Anda asalkan Anda tidak terlibat dalam pergaulan bebas dan narkoba (Saripudin, 2013). 
Daftar Pustaka
Apriyani, A. (2012). Faktor yang memengaruhi kerja paruh waktu. Diunduh dari http://intisari-online.com/read/3-faktor-untuk-memilih-fulltime-atau-freelance
Part time. (2013). Diunduh dari http://en.wikipedia.org/wiki/Part-time
Saripudin, S. (2013). Rahasia sukses kerja part time. Diunduh dari http://buku-kerjaparttime.blogspot.com/2013/05

1 November 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar