Rabu, 06 Maret 2013

Teknik Wawancara pada Psikolog Klinis Anak dan Dewasa (Syifa Melinda)

Pada tanggal 28 Februari 2013, di kelas teknik wawancara membahas tema mengenai teknik wawancara pada psikolog klinis anak dan psikolog klinis dewasa. Dalam blog ini, saya berusaha menyimpulkan materi yang telah diberikan.
Teknik wawancara merupakan modal utama bagi psikolog untuk memperoleh informasi dari seseorang secara mendalam. Selain itu, observasi dan alat tes juga penting untuk mendukung kelengkapan data. Agar mendapatkan informasi yang akurat, psikolog harus membina rapport terlebih dahulu. Membina rapport dapat membuat klien menjadi nyaman. Dengan begitu, klien menjadi lebih terbuka kepada psikolog dan psikolog akan mudah mendapatkan informasi secara akurat.
Cara yang dilakukan dalam membina rapport pada psikolog klinis anak dan psikolog klinis dewasa berbeda. Pada klinis anak, biasanya anak cenderung tertutup. Yang perlu dilakukan seorang psikolog adalah mengajak anak bermain. Dengan begitu anak dapat merasa nyaman. Selain itu, mewawancarai orangtua anak juga dapat menangani masalah klinis tersebut. Sedangkan pada klinis dewasa, psikolog dapat memulai pertanyaan dari yang ringan, seperti bertanya mengenai pekerjaannya. Hal tersebut dapat membangun hubungan baik antara psikolog dengan klien.
 
3 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar