Rabu, 06 Maret 2013

Teknik Wawancara (Novie)

 Untuk menjadi seseorang yg berprofesi psikolog di berbagai bidang tidaklah mudah. Mereka harus benar-benar menjalankan setiap kaidah dan peraturan yang ada. Kita tidak dapat seenak sendiri melakukan sesuatu tanpa kode etik psikologi. Selain menaati kode etika sebagai psikologi, kita juga harus mengetahui, memahami dan mencari setiap titik celah dari setiap permasalahan yang terjadi. Kita juga harus menjaga dan mengontrol setiap emosi kita saat diri kita dihadapkan pada situasi yang berat, cerita atau unek-unek dari klien bahkan kisah klien yang mungkin secara tidak langsung memancing emosi kita.

     Kita juga dituntut untuk sabar dan flat emotion saat klien susah untuk bercerita atau terlalu lebay dalam pengungkapan cerita. Dalam kasus melakukan teknik wawancara kepada klien, kita harus belajar penuh apa itu teknik wawancara, bagaimana aplikasi penggunaannya, memahami beberapa macam teknik wawancara saat ingin digunakan kepada klien dan lain sebagainya.

     Hal yang terutama adalah buatlah klien merasa nyaman saat ingin bercerita, jangan langsung di tanya ini itu dan buatlah catatan kaki untuk menelusuri apa yang terjadi pada klien, bagaimana pola klien dalam bertindak dan berpikir, bagaimana urutan proses kejadian serta apa yang mendasari hal tersebut terjadi. Jangan terlalu kepo dalam mencari tahu hal tersebut karena mungkin perilaku itu akan membuat klien merasa tidak aman dalam mengungkapkan dan mengekspresikan apa yang dialaminya. 

6 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar