Rabu, 06 Maret 2013

Teknik Wawancara (Dian Bella)

Pada kamis lalu tanggal 28 Febuari 2013, di kelas Teknik Wawancara membahas mengenai bagaimana cara wawancara yang baik dan apa saja teknik yang sering digunakan oleh Psikolog klinis dan dewasa. Pada awalnya disini akan membahas mengenai pengertian pasih wawancara tersebut dan teknik apa saja yang digunakan psikolog untuk mendapatkan informasi dari kliennya, dan kemudian kendala apa aja yang didapatkan pada saat wawancara?
Dalam melakukan wawancara, para psikolog memiliki cara yang bermacam – macam untuk mendapatkan informasi dari kliennya. wawancara adalah merupakan tanya jawab antara interviewer dan orang yang akan dimintai informasi. Dalam hal ini mereka berkomunikasi secara langsung sehingga didapatkan data yang cukup.
Kelebihan metode ini adalah kita bisa mendapat data secara jelas. Kita juga bisa merasakan bahasa tubuh yang dikeluarkan interviewe pada saat wawancara berlangsung, seperti ekspresi muka dan gerak tubuh.
Pada saat wawancara ditemukan beberapa kendala – kendala yang muncul saat proses wawancara tersebut, seperti contohnya seorang psikologi anak yang bertemu dengan seorang anak yang kurang koperatif, seperti anak yang pemalu dan kurang berani dengan orang asing. Di sini psikolog harus memiliki strategi pendekatan yang cukup baik untuk mendekati anak tersebut di mulai dengan orang – orang disekitarnya dan tidak terlihat untuk memaksakan. Sebagai seorang psikolog mempunyai tanggung jawab untuk memberikan solusi yang baik dalam permasalahan kliennya dan juga merahasiakan permasalahannya tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar