Minggu, 17 Maret 2013

Psikolog Industri Organisasi vs Psikolog Pendidikan (Febryna Liviany)

     Berdasarkan kuliah Teknik wawancara pada tanggal 7 Maret 2013 yang membahas mengenai Psikolog Industri Organisasi dengan Psikolog pendidikan. Tema yang dipresentasikan masih membahas mengenai pengertian wawancara, teknik wawancara, kelebihan dan kekurangan teknik wawancara, serta masalah dan penanganannya. Beberapa kelompok tersebut mewawancarai psikolog industri organisasi dan psikolog pendidikan. 
     Dalam suatu perusahaan terdapat departemen atau bagian HRD (Human Resource Development) yang merupakan bagian dimana para psikolog bagian industri bekerja setelah lulus kuliah. Dalam perusahaan, bagian tersebut tidak selalu mempekerjakan seorang individu dengan latar belakang lulusan psikologi, karena perusahaan tidak mengharuskan seperti itu akan tetapi pada umumnya beberapa perusahaan mempekerjakan mahasiswa lulusan psikologi ke dalam bagian tersebut. 
     Mahasiswa psikologi yang dipekerjakan pada umumnya memiliki nilai lebih untuk sebuah perusahaan, hal ini disebabkan karena sebagai mahasiswa yang telah lulus dalam bidang psikologi telah mempelajari beberapa teori mengenai kepribadian, perkembangan, serta tingkah laku manusia. Mahasiswa lulusan psikologi juga telah dibekali cara untuk melakukan wawancara secara terstruktur, observasi yang objektif serta beberapa tes serta pengunaan tes tersebut.
     Psikolog pendidikan umumnya bekerja di sekolah. Pekerjaan yang dilakukan oleh psikolog pendidikan antara lain mewawancarai calon guru yang akan bekerja serta calon murid, selain itu psikolog pendidikan juga mewawancarai orangtua murid, selain itu psikolog pendidikan juga memberikan konseling kepada para karyawan, membuat laporan hasil kerja serta melakukan psikotes kepada seluruh murid.
     Wawancara merupakan hal yang sangat penting karena proses tanya jawab antara interviewer dengan interviewee. Wawancara juga dapat sekaligus mengobservasi individu tersebut dengan memperhatikan gerak gerik serta tingkah laku yang ditampilkan. Bagi psikolog pendidikan seorang anak yang berbohong saat diwawancarai akan terlihat dari gerak gerik yang ditampilkan. Tes juga merupakan alat bantu untuk melengkapi data yang diambil saat teknik wawancara dilakukan.
     Kelebihan teknik wawancara salah satunya ialah dapat memperoleh informasi secara langsung ketika dilakukan wawancara. Kelemahan teknik wawancara ialah hasil wawancara tergantung dari pengalaman seorang pewawancara tersebut sehingga hasil yang dihasilkan berbeda antara satu sama lain.

13 Maret 2013 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar