Minggu, 24 Maret 2013

PIO vs Psikologi Pendidikan (The Interesting Side of interview) (Dewi Purwasi)


  Sebelumnya saya telah mencoba membahas mengenai interview dari segi psikolog klinis dan psikolog anak. Dalam tulisan saya ini kembali akan dibahas mengenai sisi menarik dalam wawancara, namun dalam profesi psikolog industri dan organisasi serta psikolog pendidikan.

     Umumnya dalam bidang PIO, psikolog yang berhasil diwawancarai adalah seorang Human Resource pada suatu perusahaan. sebelum pembahasan lebih jauh baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenain pengertian wawancara menurut seorang psikolog industri dan organisasi. Menurut psikolog PIO, wawancara merupakan teknik yang digunakan oleh departemen HRD untuk melakukan seleksi terhadap calon karyawan. selain itu menurut psikolog PIO, wawancara juga adalah prosedur yang digunakan untuk menilai cocok atau tidaknya seorang calon karyawan untuk menjabat pada posisi tertentu.

     Dalam bidang pendidikan, umumnya yang berhasil ditemui dan diwawancarai adalah seorang guru bimbingan konseling di sekolah. Menurut guru bimbingan konseling yang diwawancarai, wawancara merupakan sebuah teknik mengumpulkan data pada bimbingan konseling yang disebut sebagai data klien atau siswa.

     Nampak perbedaan yang jelas dari sudut pandang PIO dan pendidikan dalam menjabarkan mengenai pengertian wawancara. Bagi seorang HR, prosedur wawancara dilakukan untuk melakukan seleksi calon karyawan, sedangkan bagi seorang psikolog pendidikan/guru BK wawancara itu untuk menggali informasi dari siswa untuk kemudian mengkaji masalah yang dihadapi siswa di sekolah.

     Dalam pengaplikasian wawancara juga terdapat perbedaan antara psikolog industri dan psikolog pendidikan. Dalam bidang Pio biasanya wawancara digunakan ketika seleksi calon karyawan, mengkonformasi CV dan surat lamaran, menyelesaikan konflik yang terjadi antar bagian dan untuk mengetahui apakah calon karyawan memiliki kompetensi yang diinginkan oleh perusahaan atau tidak.

     Kelebihan pengaplikasian wawancara dari psikolog PIO adalah dapat mengetahui apakah karyawan menjawab dengan jujur atau tidak, dapat melihat langsung body language dari calon karyawan sehingga dapat mengkaji jawaban calon karyawan lebih dalam lagi. selain itu posisi HR tidak selalu hanya dari lulusan psikologi tetapi juga dapat dari lulusan lainnya tergantung dari pengalaman yang dimiliki dan juga skill yang di asah.

     Kendala atau kekurangan dari psikolog PIO adalah butuh waktu yang cukup lama dalam proses wawancara karena dalam sehari ada banyak calon karyawan yang harus di interview, selain itu dapat terjadi hallo effect (terkecoh dengan penampilan calon karyawan yang baik dan menarik).  

     Bagi seorang psikolog yang bekerja di bidang pendidikan biasanya wawancara digunakan ketika melakukan konseling dan memberikan materi kepada siswa serta menggali informasi dari siswa yang mengalami masalah tertentu dalam akademisnya.

     Kendala dari psikolog pendidikan, yaitu seringkali mendapat image atau label yang negatif dari siswa/siswi, namun kembali lagi tergantung dari citra yang ditampilkan/dibangun oleh psikolog pendidikan tersebut.

13 Maret 2013
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar