Minggu, 17 Maret 2013

PIO dan Pendidikan (Yunita Thung)


Pengertian teknik wawancara menurut psikolog dari psikologi industri dan organisasi (PIO) dan psikolog pendidikan adalah proses untuk mengetahui informasi pada seseorang. Dalam dunia PIO, wawancara dilakukan untuk proses rekruitmen. Wawancara dilakukan untuk mengetahui apakah interviewee tersebut cocok masuk ke bagian divisi apa. Sama seperti wawancara dalam klinis, dalam PIO terdapat rapport. Rapport yang dibina dalam PIO dilakukan agar dalam proses rekruitmen, interviewee tidak merasa gugup dan cemas. Rapport yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan yang ringan, agar interviewee tidak merasa gugup.

Wawancara dalam bidang PIO selain dilakukan untuk rekruitment, wawancara juga dilakukan ketika ada karyawan yang bermasalah. Akan tetapi wawancara yang dilakukan dalam proses rekruitmen dan wawancara yang dilakukan ketika ada karyawan yang bermasalah, tentu berbeda. Ketika ada karyawan yang bermasalah, psikolog akan melakukan wawancara dalam bentuk konseling.

Bagaimana dengan psikolog pendidikan? Dalam psikologi pendidikan, teknik wawancara juga dilakukan. Jika dalam bidang PIO, wawancara digunakan untuk rekruitmen, dalam bidang pendidikan, wawancara digunakan untuk membantu siswa-siswa ketika mereka memiliki masalah. Psikolog pendidikan karena ruang lingkup bekerja mereka berada di sekolah, dimana usia siswa-siswi berada pada tahap remaja, psikolog pendidikan harus dapat menjalin hubungan yang baik dengan siswa-siswinya.

Sama seperti psikologi klinis, PIO dan psikologi pendidikan tidak dapat hanya tergantung pada teknik wawancara saja. Tes-tes psikologi lainnya perlu dilakukan agar psikolog mendapatkan hasil yang maksimal.

9 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar