Jumat, 22 Maret 2013

PERCERAIAN? (Violen Olivia)


Seringkah kita mendengar kata perceraian di kota metropolitan ini? Tentunya sangat sering, terutama di kalangan-kalangan selebritis istilah perceraian dalam suatu hubungan sering dianggap sebagai hal yang lumrah dan sah-sah saja. Tahukah kalian faktor-faktor apa yang sebenarnya sering membuat perceraian terjadi dalam hubungan ?
Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi perceraian :

1. Faktor sosial
Salah satu yang termasuk ke dalam faktor sosial yaitu perceraian dianggap sebagai hal yang dapat diterima oleh lingkungan sekitarnya. Selain itu faktor sosial lain yang turut berpengaruh yaitu adanya proses hukum yang mudah dan pencarian kuasa hukum yang mudah dan terjangkau secara sosial-ekonomi. Pencarian kuasa hukum yang tidak sulit tentunya membuat seseorang dengan mudahnya dapat mengurus proses perceraiannya.

2. Faktor hubungan
Faktor hubungan yang dimaksud disini salah satunya ialah menyangkut masalah komunikasi. Dalam suatu hubungan sangat diperlukan adanya sebuah komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik antar pasangan dapat menimbulkan suatu rasa kepercayaan antara satu sama lain. Kepercayaan inilah yang nantinya akan menjadi dasar dari hubungan tersebut.
Saat sedang mengalami masalah dalam hubungan, sering kali pasangan memilih untuk menghindar atau tidak mau membicarakan masalah tersebut. Ketika masalah tersebut tidak dikomunikasikan secara bersama, tentunya tidak ada penyelesaian yang dihasilkan dari masalah tersebut dan sangat mungkin suatu hari masalah tersebut dapat timbul lagi. Permasalahan yang terus menerus berulang dalam suatu hubungan tanpa dikomunikasikan tentu membuat satu sama lain merasa adanya ketidakcocokan dan memilih untuk bercerai. Padahal, setiap individu memang memiliki perbedaan pandangan namun apabila masalah dapat dikomunikasikan dengan baik dan dicari solusinya bersama tentunya kemungkinan perceraian lebih minim.

3. Faktor-faktor lain yang turut mempengaruhi yaitu seperti pernikahan usia muda (pasangan belum matang secara emosional), adanya alcohol/drug abuse, dan terlalu cepat memiliki anak setelah menikah.

Dalam menjalin suatu hubungan ada baiknya individu memperhatikan faktor-faktor diatas untuk menghindari proses perceraian. Bagi individu yang belum menikah, hendaknya terlebih dahulu memikirkan secara matang apabila ingin menjalin suatu hubungan pernikahan dan membangun komitmen dalam diri sendiri untuk mempertahankan hubungan nantinya :)

21 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar