Rabu, 06 Maret 2013

Pendekatan terhadap Klien Klinis Anak dan Klinis Dewasa (Anastasia Permata Salatang)


Pendekatan terhadap klien merupakan suatu hal mendasar yang harus dilakukan oleh seorang terapis sebelum melakukan dan menentukan terapi yang tepat kepada klien. Paraphrasing sangat dibutuhkan untuk melakukan pendekatan terhadap klien, di mana terapis dapat memahami klien dengan permasalahan yang dihadapi oleh klien. Pendekatan yang berbeda dapat dilakukan kepada klien klinis anak dan klien klinis dewasa. Pendekatan kepada klien ini bermanfaat untuk memperoleh informasi berupa data-data yang dibutuhkan terapis untuk melakukan terapi kepada klien. Pendekatan terhadap klien anak-anak membutuhkan waktu dan kesabaran, karena informasi yang diberikan oleh anak-anak akan sulit diperoleh dibandingkan dengan orang dewasa.
Terapis harus dapat membuat anak-anak merasa aman dan nyaman saat bersama dengan terapis, sehingga terapis dapat memperoleh informasi berupa data-data yang akan bermanfaat untuk terapi. Pendekatan kepada anak-anak dapat dilakukan dengan mengajak anak bermain, sehingga ruangan terapis untuk anak-anak umumnya memiliki ruangan yang luas dan terdapat banyak mainan agar anak dapat bermain dengan bebas di dalam ruangan. Saat anak sedang asyik dengan mainannya dan merasa aman dengan lingkungannya, itu merupakan saat yang tepat untuk bertanya sesuatu kepada anak tentang informasi yang dibutuhkan oleh terapis. Pendekatan terhadap klien anak-anak membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan klien dewasa, karena anak-anak memiliki kecenderungan perasaan yang tidak dapat diprediksi oleh orang-orang disekitarnya.
Pendekatan terhadap klien dewasa lebih mudah untuk mendapatkan informasi berupa data-data yang diperlukan untuk terapi dibandingkan dengan anak-anak, karena pada klien dewasa biasanya klien akan datang dengan sendirinya kepada terapis dan menceritakan permasalahan yang sedang dihadapinya dan meminta terapis untuk mendengarkan serta memberikan jalan keluar dalam permasalahan yang dihadapi. Pendekatan kepada klien dewasa memerlukan pemahaman terhadap keadaan yang sedang dihadapi klien, sehingga paraphrasing dalam menangani dan menentukan terapi yang cocok dengan klien sangat bermanfaat. Jadi, pendekatan terhadap klien anak dan klien dewasa sangat berbeda tergantung kepada konteks yang diinginkan untuk memperoleh data.

6 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar