Sabtu, 23 Maret 2013

Keep Humble and Stay Learning (Melia Wijaya)


Pada pertemuan kali ini, teman-teman dari kelompok selanjutnya membahas mengenai Psikologi Industri dan Organisasi dan Psikologi Pendidikan. Seperti namanya, Psikologi Industri dan Organisasi berfokus pada permasalahan di Perusahaan sedangkan Psikologi Pendidikan berfokus pada permasalahan di Sekolah. Bagaimana membantu anak menghadapi masalahnya di sekolah, seperti kesulitan mengikuti pelajaran, membantu anak yang menjadi korban bullying, serta membantu menjembatani keinginan anak dan orang tua. Menjembatani keinginan anak dan orang tua di sini maksudnya, ketika keinginan anak ingin masuk jurusan IPS atau Bahasa namun orang tua menginginkan anaknya masuk dalam jurusan IPA. Pada bidang PIO, membantu perusahaan untuk merekrut pekerja yang dibutuhkan, mengembangkan potensi yang di miliki oleh pekerja, dan mengadakan training apabila dibutuhkan.

Mungkin kita pernah yah menjumpai seorang HRD atau guru BK yang bukan berasal dari pendidikan psikologi. Bolehkah? Tentu boleh. Mengapa? Karena tidak membutuhkan terapi dan surat izin praktek sehingga memungkinkan lulusan non-psikologi mempelajari alat tes tertentu, seperti DISC dalam bidang PIO atau menjadi konselor di sekolah.

Apakah cukup hanya dengan mengetahui serta menguasai alat tes tersebut? Tentu saja tidak. Dibutuhkan jam terbang dan latihan terus-menerus sehingga kemampuan kita semakin terasah dan ahli dalam alat tes yang kita pelajari. So, jangan kaget kalau yang lulusan non-psikologi lebih ahli dibanding lulusan psikologi. Karena dua perbedaan tadi. So, keep humble and stay learning.

13 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar