Jumat, 15 Maret 2013

Attraction (Devi Angela)

Pernahkah terpikir mengapa kita bisa tertarik dengan kriteria tertentu dalam memilih pasangan?
Ternyata sebuah penelitian menemukan bahwa manusia memiliki kemampuan memilih pasangan yang tidak disadari pada saat seseorang tertarik dengan orang lain. Kemampuan ini dibutuhkan dalam menentukan pasangan mana yang memiliki kesempatan tinggi untuk dapat meneruskan keturunan.
 
Tidak pernah terpikir kan kalau kita bisa menyukai seseorang karena bau badannya?? Bau badan seseorang membawa sebagian DNA yang menunjukkan tingkat produktivitas dalam menghasilkan keturunan. Bau badan juga menjadi ciri khas tiap individu bahkan tidak ada bau badan yang sama persis di setiap orang loh!
Tidak hanya dari bau badan, tetapi juga dari bentuk badan bahkan pita suara bisa menjadi tanda tingkat kesuburan seseorang. misalnya pada laki-laki yang memiliki pita suara rendah ditemukan memiliki keturunan lebih banyak daripada pita suaranya tinggi. sedangkan pada wanita, pria lebih menyukai wanita dengan pita suara yang tinggi, karena pita suara tinggi menunjukkan banyaknya hormon esterogen pada wanita. Dengan tingkat tigginya hormon esterogen wanita menjadi lebih menarik secara fisik dan dianggap memiliki kesempatan lebih tinggi dalam memiliki keturunan.
Pada saat dilakukan penelitian, ternyata ditemukan fakta menarik mengapa seseorang bisa tertarik pada orang yang kurang menarik dan bahkan tidak melihat bahwa orang tersebut kurang menarik. Bila pria menyukai wanita yang sebenarnya tidak terlalu menarik itu bisa karena si wanita sedang berada pada masa menstruasi dimana si wanita berada pada tingkat tinggi kesempatan untuk menjadi hamil. Secara tidak disadari, wanita yang berada dalam kondisi tersebut mengalami kenaikan pita suara menjadi lebih tinggi dan hal tersebut menjadi menarik bagi pria.
Pernah dengar istilah tentang cewek matre? ternyata ada penjelasannya...
Dalam dunia mamalia, para jantan justru memiliki fisik yang menarik daripada betina, dan para jantan yang berusaha keras untuk menarik perhatian si betina. Namun hal ini berbeda bagi manusia, wanita memiliki keindahan yang terlihat secara fisik, sedangkan pria tidak. Oleh sebab itu, pria menggunakan hal lain untuk menarik perhatian wanita, dengan menonjolkan kekayaan yang dimiliki atau status sosial dimana ia berada. Hal ini penting bagi wanita karena wanita ingin mengetahui apakah si pria mampu menjadi pelindung dan penjaga bagi keberlangsungan keturunannya. Kekayaan dianggap penting untuk memelihara keturunan.
Lalu apa bedanya manusia dengan binatang kalau begitu? perbedaannya terletak pada sistem kognitif yang dimiliki manusia untuk menentukan level lebih tinggi dari sebuah hubungan, yaitu komitmen.
manusia memiliki budaya dan agama yang mengajarkan untuk memiliki satu pasangan untuk selamanya, hal ini membuat manusia berpikir untuk memilih pasangan dan berkomitmen dengan satu pasangan walau ada kemungkinan besar gairah atau perasaan cinta dan ketertarikan akan memudar seiring waktu. Hal ini yang membedakan manusia dengan binatang. 
Belajar mengenai hal ini menyadarkan saya bahwa Tuhan menciptakan akal budi bagi setiap manusia untuk membedakan dirinya dengan makhluk ciptaan lainnya, sehingga menemukan pengalaman hidup di tingkat yang lebih tinggi. Faktanya, ditemukan pernikahan emas yaitu usia 50 tahun pernikahan dan pasangan suami istri tersebut masih bersama dan tetap bahagia ^^

13 Maret 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar